Selasa, 24 Januari 2017

stock-index  Stock Index

Wall Street & Pemulihan China Angkat Saham Asia

Senin, 2 Juni 2014 16:51 WIB
Dibaca 457

Monexnews -

Data manufaktur China yang apik serta catatan rekor penutupan Wall Street kembali lesatkan pasar ekuitas dan komoditas Asia di perdagangan hari Senin (2/6). Sementara pasar uang China dan Hong Kong tutup berkenaan hari libur Dragon Boat Festival.

Aktivitas pabrikan China (manufaktur PMI) meningkat pada laju tercepat dalam 5 bulan terakhir di Mei berkat naiknya permintaan order baru. Sehingga data tersebut langsung memicu pandangan pasar bahwa ekonomi China kini telah mendapat momentum pemulihan kembali.

Sedangkan indeks Nikkei – Jepang berakhir di level tertinggi sejak 4 April lalu setelah data domestik belanja modal serta data manufaktur Jepang berhasil mengangkat sentimen pasar. Pelemahan nilai tukar juga turut memperkuat Nikkei setelah yen mencapai kisaran 102 vs dollar. Indeks Nikkei berakhir ditutup naik +2.07% pada level 14,935.92.

Sementara, bursa saham Seoul rally berkat besarnya minat beli investor asing setelah data manufaktur China yang apik berhasil menandingi lemahnya data domestik Korea Selatan. Di bulan Mei, tingkat ekspor Korea Selatan merosot paling tajam dalam 8 bulan terakhir, dan aktivitas pabrikan melambat ke level terendah dalam 9 bulan terakhir.

Sontak hal itu mencerminkan bahwa pemulihan di negeri terbesar ke-4 Asia, saat ini sedang mengendur. Indeks KOSPI akhirnya ditutup menguat +0.35% sekaligus mencatat level penutupan di atas psikologis penting 2,000.  (dar)

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar