Kamis, 25 Mei 2017

stock-index  Stock Index

Yen Kembali Lumpuhkan Eksportir Nikkei

Jumat, 7 Juni 2013 9:44 WIB
Dibaca 322

Monexnews - Di perdagangan akhir pekan ini (Jumat, 7/6), indeks NikkeiJepang melanjutkan lagi koreksinya terutama akibat berlanjutnya pelemahan dollar AS terhadap yen, sehingga hal itu memicu kembali tekanan aksi jual di kalangan eksportir.

Mata uang Yen melanjutkan penguatan nya terkait muncul kekhawatiran bahwa pemerintah Jepang tidak akan melakukan intervensi dalam waktu dekat dalam meredam rally mata uang Jepang. Selain itu, memuncaknya optimisme bahwa Federal Reserve AS tidak akan mengurangi stimulus moneter dalam waktu dekat, juga turut memperlemah kinerja dollar AS (USD) namun justru membantu performa yen.

Hari ini yen sempat rally hingga menguat ke level 96.31 terhadap USD setelah akhirnya stabil di kisaran 96.50. Sedangkan pada sesi kemarin, yen menguat tajam hingga menembus angka 95.96 per dollar. Indeks Nikkei Jepang terpantau melemah hingga -1.58% atau merosot -204.08 poin menuju area 12699.94. Dan indeks Nikkei fut juga ikut melemah -95.00 poin pada kisaran 12740.

Sejumlah eksportir utama Jepang luluh lantak akibat dampak dari penguatan yen hari ini. Tercatat sektor manufaktur elektronik Taiyo Yuden anjlok hingga 9%, sedangkan saham Honda Motor dan Toyota Motor masing-masing jatuh antara 2 s/d 3 persen. Sementara saham Renesas Electronics Corp. melorot hingga 4.8%, saham Mazda Motor Corp. terkoreksi 2.3%, dan Toshiba Corp. merugi 2.9%.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar