Kamis, 23 November 2017

CPO: Koreksi Jenuh Mengintai, Potensi Bearish Masih Bertahan

Senin, 7 Januari 2013 10:48 WIB
Dibaca 60

Monexnews - Kontrak minyak sawit Malaysia bergerak turun setelah di pekan sebelumnya bergerak menguat dan perkiraan secara teknikal memberikan harapan bahwa pengenaan pajak ekspor yang baru akan memicu permintaan untuk minyak pangan, termasuk minyak sawit.

Adanya revisi terhadap tarif pajak minyak sawit, yang dipersiapkan di angka 0% di bulan Januari, telah membuat kargo pengangkutan komoditi minyak sawit bergerak lebih tinggi dari Indonesia.

Para investor mengawasi data pengiriman bulan Januari yang mungkin akan memberikan prospek positif untuk permintaan, terutama permintaan dari China, India dan AS, dan memberikan potensi untuk mengangkat harga yang telah turun sebanyak 1.2% pekan lalu.

Secara teknikal, pergerakan CPO masih terlihat melemah di awal pekan tahun 2013 ini, sebagaimana diperlihatkan oleh GMMA, yang diwakili oleh EMA-Jangka Pendek (garis merah) yang mulai membentuk kurva turun, diikuti oleh pergerakan EMA-Jangka Panjang yang juga terlihat mengalami koreksi, untuk kemudian membentuk celah turun, memberikan indikasi bahwa tren penurunan harga terlihat akan semakin kuat. MACD sendiri mulai membentuk sinyal koreksi (prospek jenuh), dimana sebelumnya harga sempat mengalami penguatan tipis, dengan indikator yang masih berada di atas area nol (0). Sementara Stochastics sendiri memperlihatkan sinyal koreksi, dimana indikator harga bergerak turun dari area harga tengahnya, memberikan indikasi bahwa harga masih memiliki potensi bearish di sepanjang pergerakan hariannya. Apabila harga terkonfirmasi turun, maka kisaran support akan tercatat di RM2428 (Fibonacci Retracement 38.2%), RM2389 (Fibonacci Retracement 23.6%) dan RM2326 (Fibonacci Retracement 0%). Namun apabila harga bergerak sebaliknya, maka kisaran resistance akan tercatat di RM2491 (Fibonacci Retracement 61.8%), RM2520 (Fibonacci Retracement 72.8%) dan RM2593 (Fibonacci Retracement 100%).

 

(Ariana Nur Akbar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar