Sabtu, 25 November 2017

Emas Berpotensi Uji 1321

Senin, 20 Mei 2013 12:06 WIB
Dibaca 232

Monexnews - Harga emas tertekan dalam sekitar 6% dan tutup di level $1355 per troy ons pekan lalu. Rumor atau isu yang berhembus di pasar yaitu bank sentral AS (Federal Reserve) akan memperlambat pelonggaran kuantitatif (QE) dan menghentikan QE akhir tahun ini menjadi faktor utama penekan harga emas seiring dengan menguatnya dollar AS. Membaiknya data ekonomi AS seperti data tenaga kerja dan perumahan memberikan spekulasi bahwa Federal Reserve akan memangkas QE nya dan bahkan menghentikannya pada akhir tahun ini.

Laporan data CFTC juga memperlihatkan penurunan yang cukup signifikan posisi order beli sebesar 10043 kontrak menjadi 39216 kontrak. Ini merupakan level terendah sejak bulan Maret 2013. ETF berbasiskan emas juga terlihat menurunkan kepemilikan emasnya.

Dari grafik mingguan, harga emas terlihat mendapatkan momentum negatif yang cukup besar dari pergerakan pekan lalu. Indikasi penurunan juga terlihat di grafik harian dan 4 jam. Namun pada grafik 30 menit terlihat indikasi konsolidasi untuk rebound. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara garis besar tekanan masih turun. Sehingga masih ada peluang harga menuju level kunci terletak pada level terendah 1321 yang terbentuk pada pertengahan April. Penembusan level ini membuka peluang harga tertekan lebih lanjut ke area 1250.

Sementara resisten terdekat di 1351-53. Penembusan resisten ini, dalam jangka pendek, bisa membawa harga mendekati level 1370.

Pekan ini testimoni Gubernur Federal Reserve Ben Bernanke di hadapan Kongres mengenai outlook ekonomi dan kebijakan moneter pada Hari Rabu nanti kemungkinan bisa menjadi market mover yang cukup besar karena pasar membutuhkan konfirmasi mengenai spekulasi penghentian pelonggaran moneter Fed dari testimoni Bernanke. Bila pasar melihat ada kemungkinan penghentian tersebut, harga bisa melanjutkan tren penurunan pekan lalu dan berpotensi menguji level 1250.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar