Jumat, 24 November 2017

Emas Jelang FOMC, Waspada 1330

Rabu, 31 Juli 2013 12:20 WIB
Dibaca 193

Monexnews - Harga emas pagi ini menguat ke area 1339. Beberapa analis mengatakan kenaikan pagi tadi karena aksi pembelian spekulatif menjelang akhir bulan untuk tujuan window dressing portofolio para fund manager.

Area support penting kini terlihat di kisaran 1330. Selama harga bertahan di atas area ini, harga masih mungkin rebound kembali ke area 1340-47. Sementara pergerakan di bawah 1330, berpotensi melemahkan kembali harga ke area 1317-1322.

Hari ini beberapa data penting dari AS bisa menjadi market mover besar bagi harga emas yaitu data ADP non farm employment change (penambahan jumlah tenaga kerja di AS di sektor non pertanian yang disurvei oleh lembaga swasta ADP), data GDP AS kuartal ke-2 dan data hasil rapat FOMC bank sentral AS.

Bila data ADP dan GDP yang dirilis sebelum FOMC menunjukkan hasil lebih buruk dari ekspektasi pasar, dollar AS bisa melemah kembali dan harga emas menguat. Dan begitu pula sebaliknya.

Sementara hasil rapat FOMC dinihari nanti akan memberikan kejelasan bagi pasar mengenai rencana pengurangan stimulus. Bila Fed mengatakan sudah melakukan perencanaan atau riset mengenai pengurangan stimulus, pasar akan menangkap bahwa pengurangan stimulus sudah dekat dan ini akan menguatkan dollar AS. Sementara bila Fed mengatakan ekonomi AS masih membutuhkan kebijakan yang sangat akomodatif dan menunggu data-data terbaru sebelum mengambil keputusan, dollar AS bisa melemah kembali.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar