Sabtu, 25 November 2017

Secara Teknikal Emas Rentan Lanjutkan Penurunan

Jumat, 30 Mei 2014 12:50 WIB
Dibaca 538

Monexnews -

Pada sesi perdagangan Asia di hari Jumat (30/5), harga emas dunia nampak masih tertekan di kisaran rendah dalam 16 pekan terakhir. Terjebaknya emas di zona negatif ini terutama setelah merebaknya spekulasi yang optimis bahwa perekonomian Amerika Serikat (AS) masih bisa bangkit untuk rebound dari perlambatannya karena musim dingin yang ekstrim.

Dan optimisme investor berkobar setelah para petinggi kebijakan the Fed kembali menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi berangsur menguat setelah cuaca yang buruk pada musim dingin lalu. Namun keyakinan investor justru mencuat setelah pemerintah melaporkan angka ekonomi AS pada Kamis malam berkontraksi untuk kali pertama dalam tiga tahun terakhir hingga di triwulan I tahun ini. Dan mayoritas analis menganggap angka GDP itu masih wajar dan konsisten dengan peralihan ke triwulan II nanti yang diprediksi akan naik.

Secara umum koreksi emas yang telah mencapai lebih dari 2% terutama terkait dengan kuatnya fundamental ekonomi AS belakangan ini sekaligus menggiring Wall Street ke rekor puncak tertinggi yang diikuti oleh pasar ekuitas lainnya di Asia.

Dan secara teknikal, harga emas terlihat rentan untuk melanjutkan penurunan seiring sebagian indikator teknikalnya masih menunjukkan tren yang bearish. Setidaknya indikator MACD dan Stochastic harian menunjukkan arah penurunan. Sedangkan moving average juga telah saling berpotongan yang pada akhirnya akan mengkonfirmasi sebuah pola tren bearish yang baru.

Sehingga koreksi emas selanjutnya akan kembali membidik area support 1251 kemudian 1240 hingga 1231. Sementara kenaikkan akan terbatas lagi, namun setidaknya ada tahanan atas yang menjadi target bidikan bila emas mengalami rebound. Diantaranya resisten 1261.80 (retracement 61.8% Fibonacci), 1268.40 dan level 1277.    

 

(Daru Wibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar