Kamis, 23 November 2017

Kenaikan Minyak Masih Bersifat Bargain-Hunting

Kamis, 6 November 2014 10:27 WIB
Dibaca 73

Monexnews - Pada grafik harian, terbentuknya pola candle stick hammer telah menyediakan kesempatan naik untuk minyak. Namun, potensi kenaikan masih bersifat bargain-hunting dan terbatas. Minyak perlu mencatatkan level penutupan harian yang semakin tinggi untuk melanjutkan momentum kenaikan; dimana kegagalan dapat mengembalikan tekanan penurunan.

Di lain pihak, minyak masih diperdagangkan di bawah MA 50-100-200 harian dan ini dapat sinyalkan masih adanya tekanan penurunan. Namun, minyak perlu mencatatkan level penutupan harian di bawah support $74.90 (harga terendah Oktober 2011) untuk menambah tekanan penurunan. Kegagalan mengatasi support $74.90 dapat mendorong aksi bargain-hunting.

Dari sisi fundamental, data semalam yang menunjukan kenaikan cadangan minyak AS yang tidak setinggi estimasi telah meredakan kekhawatiran atas melimpahnya supplai di negara Paman Sam. Kekhawatiran investor terhadap outlook permintaan juga dapat berkurang seiring mulai mendekatnya musim dingin di beberapa negara. Ini dapat memberikan sentimen positif untuk minyak.

Namun, investror masih cemas dengan melimpahnya supplai minyak di pasar terutama dengan OPEC yang terlihat tidak akan memangkas outputnya pada pertemuan 27 November mendatang. Ini dapat menjaga sentimen negatif untuk minyak.

Meski demikian, investor mungkin akan bersikap waspada menanti pertemuan antara menteri perminyakan Arab Saudi dan Venezuela yang dapat menjadi pembicaraan awal untuk pertemuan 27 November. Pasar juga akan mencermati publikasi data pesanan pabrikan Jerman (jam 14.00 WIB), produksi manufaktur Inggris (jam 16.30 WIB), klaim pengangguran AS (jam 20.30 WIB), dan indeks manufaktur Kanada (jam 22.00 WIB) untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut atas outlook permintaan energi dunia.

Outlook minyak masih netral, namun minyak dapat alami pelemahan dengan target penurunan $76.50 dan stop-loss $79.90. Minyak WTI mungkin akan diperdagangkan di kisaran $76.50 hingga $79.80 untuk hari ini.

Resistance Level : $79.80, $81.25, $82.85

Support Level     : $77.25, $76.45, $75.90

(Zulfirman Basir)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar