Sabtu, 21 Oktober 2017

Minyak Masih Perlu Atasi Support $73.20

Kamis, 20 November 2014 10:28 WIB
Dibaca 42

Monexnews - Pada grafik harian, masih diperdagangkannya minyak di bawah MA 50-100-200 harian dapat sinyalkan masih adanya tekanan penurunan. Namun, minyak perlu mencatatkan level penutupan harian di bawah support $73.20 (harga terendah 14 November) untuk menambah tekanan penurunan. Kegagalan mengatasi support $73.20 dapat mendorong aksi bargain-hunting dan pergerakan sideways seiring mendatarnya indikator MACD dan Stochastic.

Dari sisi fundamental, data EIA semalam yang menunjukan kenaikan cadangan minyak AS sebesar 2,6 juta barel untuk minggu yang berakhir pada 15 November menambah kekhawatiran investor akan melimpahnya supplai minyak di pasar. Data pagi ini yang menunjukan berkurangnya aktivitas manufaktur Cina juga membuat investor cemas dengan outlook permintaan dari konsumen minyak terbesar No.2 di dunia tersebut. Ini mungkin dapat menjaga sentimen negatif untuk minyak.

Meski demikian, investor terlihat waspada menjelang pertemuan OPEC pada 27 November. Organisasi pengekspor minyak tersebut diprediksi tidak merubah produksi minyaknya pada pertemuan mendatang. Namun gencarnya diplomasi yang dilakukan oleh petinggi negara OPEC telah menimbulkan harapan bahwa group tersebut tengah membangun konsensus untuk menentukan reaksi terbaik atas tajamnya kejatuhan harga minyak dalam 5 bulan terakhir. Investor juga terlihat berhati-hati menanti data manufaktur zona-euro dan AS pada sore dan nanti malam yang dapat memberikan petunjuk lebih lanjut atas outlook permintaan energi global.

Di lain pihak, mulai masuknya musim dingin di AS dapat memberikan investor harapan akan terjaganya permintaan minyak. Permintaan minyak cenderung meningkat di musim dingin seiring konsumen butuh lebih banyak energi di tengah dinginya cuaca.

Outlook minyak masih netral, namun minyak dapat alami pelemahan dengan target penurunan $72.00 dan stop-loss $75.50. Minyak WTI mungkin akan diperdagangkan di kisaran $72.00 hingga $75.40 untuk hari ini.

Resistance Level : $75.40, $76.40, $78.05

Support Level     : $73.20, $72.00, $71.00

(Zulfirman Basir)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar