Selasa, 21 November 2017

Tekanan Penurunan Minyak Masih Ada

Jumat, 21 November 2014 10:32 WIB
Dibaca 72

Monexnews - Pada grafik harian, mulai naiknya indikator MACD dan Stochastic dapat memberikan tenaga kenaikan bagi minyak. Namun, kenaikan masih bersifat koreksi dan mungkin terbatas. Minyak perlu mencatatkan level penutupan harian yang semakin tinggi setiap harinya untuk menambah tenaga rally; dimana kegagalan dapat mengembalikan tekanan penurunan.

Di lain pihak, minyak masih diperdagangkan di bawah MA 50-100-200 harian yang dapat sinyalkan masih adanya tekanan penurunan. Namun, minyak perlu mencatatkan level penutupan harian di bawah support $73.20 (harga terendah 14 November) untuk menambah tekanan penurunan. Kegagalan mengatasi support $73.20 dapat mendorong aksi bargain-hunting.

Dari sisi fundamental, mulai masuknya musim dingin di AS dapat memberikan investor harapan akan terjaganya permintaan minyak. Permintaan minyak cenderung meningkat di musim dingin seiring konsumen butuh lebih banyak energi di tengah dinginnya cuaca.

Namun, serangkaian data manufaktur Jepang-Cina-Jerman-Perancis-zona euro yang menunjukan berkurangnya aktivitas sektor manufaktur global dapat membuat investor cemas dengan outlook permintaan minyak dunia. Ini mungkin dapat menjaga sentimen negatif untuk minyak.

Meski demikian, investor terlihat waspada menjelang pertemuan OPEC pada 27 November. Organisasi pengekspor minyak tersebut diprediksi tidak merubah produksi minyaknya. Namun gencarnya diplomasi yang dilakukan oleh petinggi negara OPEC telah menimbulkan harapan bahwa group tersebut tengah membangun konsensus untuk menentukan reaksi terbaik atas tajamnya kejatuhan harga minyak dalam 5 bulan terakhir. Investor juga terlihat berhati-hati menjelang dateline kesepakatan Nuklir Iran pada 24 November mendatang yang akan turut menentukan seberapa besar pelonggaran sanksi yang akan diberikan kepada Iran, salah satu produsen minyak utama dunia.

Outlook minyak masih netral, namun minyak dapat alami pelemahan dengan target penurunan $72.00 dan stop-loss $75.50. Minyak WTI mungkin akan diperdagangkan di kisaran $72.00 hingga $75.40 untuk hari ini.

Resistance Level : $75.40, $76.40, $78.05

Support Level     : $73.20, $72.00, $71.00

(Zulfirman Basir)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar