Rabu, 22 November 2017

Emas Masih Dapat Tertekan

Jumat, 28 November 2014 10:22 WIB
Dibaca 331

Monexnews - Pada grafik harian, turunnya indikator MACD dapat memberikan tekanan penurunan bagi emas. Sentimen cukup bearish dengan emas yang masih diperdagangkan di bawah MA 50-100-200 harian dan di dalam bearish channel. Namun, emas perlu mencatatkan level penutupan harian yang semakin rendah setiap harinya untuk menambah tekanan penurunan; dimana kegagalan dapat mendorong aksi bargain-hunting terutama dengan indikator Stochastic yang masih naik.

Dari sisi fundamental, penguatan Dollar AS dan berlanjutnya penurunan harga minyak dunia cukup memberikan sentimen negatif buat emas. Dollar AS menguat, terbantu oleh pelemahan euro setelah komentar dovish ECB’s Draghi menegaskan potensi pelonggaran moneter lebih lanjut dari ECB. Daya tarik emas sebagai instrumen hedging-inflasi juga berkurang pasca berlanjutnya harga minyak setelah OPEC memutuskan untuk mempertahankan kuota produksi sebesar 30 juta barel per hari.

Meski demikian, investor masih terlihat waspada menanti hasil referendum cadangan devisa Swiss pada hari Minggu, 30 November mendatang. Survei terakhir menunjukan hanya 38% rakyat Swiss yang inginkan bank sentral Swiss (SNB) untuk menaikan porsi emas sebagai cadangan devisa menjadi 20%. Data SNB terakhir, menunjukan bank sentral hanya mengalokasikan 8% cadangan devisa dalam bentuk emas.

Fokus hari ini adalah data inflasi zona-euro (jam 17.00 WIB) dan GDP Kanada (jam 20.30 WIB) yang dapat turut menentukan kinerja Dollar AS sehingga akan turut mempengaruhi performa emas. Inflasi zona-euro diprediksi masih dekal level nol persen sedangkan GDP Kanada diprediksi membaik. Ini mungkin akan membuat trader lebih berhati-hati dalam menentukan arah pergerakan emas.

Outlook emas cukup bearish, dimana emas dapat alami pelemahan dengan target penurunan $1176 dan stop-loss $1193. Namun, pergerakan konsisten di atas resisten $1192 dapat membuka peluang kenaikan menuju $1200. Emas mungkin akan diperdagangkan di kisaran $1176 hingga $1190 untuk hari ini.

Resistance Level : $1192, $1200, $1205

Support Level     : $1181, $1175, $1170

(Zulfirman Basir)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar