Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

Top Traders

David Einhorn: Mimpi Buruk Emiten Nakal (Bagian 1)

Senin, 14 Juli 2014 16:18 WIB
Ditulis oleh: Putu Agus Pransuamitra / Researcher and Analyst
Dibaca 865
David Einhorn: Mimpi Buruk Emiten Nakal (Bagian 1)

Monexnews - Dalam satu tahun terakhir, David Einhorn kerap menghiasi headline pemberitaan di berbagai media keuangan, khususnya di Amerika Serikat. Selain karena piawai menerapkan strategi trading, nama Einhorn mulai dikenal karena keberaniannya dalam mengkritik perusahaan sebesar Apple Inc. Kalau tidak ada pria berusia 45 tahun ini, produsen iPhone tersebut sampai sekarang mungkin masih saja pelit memberikan dividen kepada shareholder-nya.

Bagi pelaku pasar keuangan di Wall Street, sosok David Einhorn sudah sangat populer karena rekam jejaknya di dunia investasi tergolong impresif walaupun usianya relatif muda. Namun bagi masyarakat umum, nama Einhorn baru dikenal belakangan setelah dirinya berjuang menekan dewan direksi Apple untuk membagikan dividen kepada pemegang saham. Pemilik bank investasi Greenlight Capital ini mengklaim sudah seharusnya Tim Cook dan kolega membalas kesabaran investor dengan berbagi sedikit keuntungan. Argumennya itu mudah diterima oleh pasar karena dalam 5 tahun terakhir arus kas Apple memang melimpah ruah dan tidak pernah dipakai untuk ekspansi skala besar.

Pendidikan dan Awal Karir

Pria yang lahir pada 20 November 1968 ini merupakan lulusan Universitas Cornell, New York tahun 1991. Setelah tamat kuliah, David Einhorn bekerja sebagai analis di bank investasi bernama Donaldson, Lufkin & Jenrette sebelum akhirnya hijrah ke SC Fundamental Value Fund, perusahaan hedge fund dengan aset sebesar $150 juta. Einhorn belajar mengenai bisnis hedge fund dari dua trader ulung, yaitu Gary Siegler dan Peter Collery, yang juga menjadi tulang punggung SC Fundamental Value Fund pada masanya. Einhorn muda juga banyak belajar tentang laporan keuangan di perusahaan itu, terutama dalam hal pemahaman prinsip bisnis dan ekonomi serta mencari korelasi antara kinerja bisnis dan laporan keuangan. Sementara di sisi manajerial, ia mempelajari keselarasan antara kepentingan pihak manajemen dan aspirasi pemegang saham.

Pada tahun 1996, Einhorn meninggalkan SC Fundamental Value Fund. Ia memulai usaha mandiri dengan mendirikan Greenlight Capital, sebuah perusahaan investasi yang mengusung karakteristik ‘long-short value-oriented hedge fund’ bersama rekannya Jeff Keswin. Einhorn membangun Greenlight Capital dengan modal sebesar $900.000, hasil pinjaman dari keluarganya. Greenlight masih berdiri sampai sekarang dan meski usianya belum sampai dua dekade, nilai asetnya sudah mencapai lebih dari $5.3 miliar.  

Rekam Jejak Profesional

Sebelum kasus Apple mencuat, David Einhorn memang sudah dikenal sebagai orang yang suka membuka borok perusahaan publik. Berbekal pemahaman yang kuat dalam dunia akuntansi, Einhorn membidik Allied Capital sebagai objek penelitian pertamanya karena ia melihat ketidakberesan dalam pembukuan perusahaan tersebut. Einhorn bersama tim analisnya terus menggali dan menemukan lebih banyak kejanggalan. Mereka menyusun database dari semua investasi yang dilakukan Allied, dan menemukan sesuatu yang aneh pada investasinya di perusahaan bernama Loewen.

Einhorn mengklaim praktik akuntansi yang dilakukan Allied sangat tidak disiplin, dan banyak sekali nilai investasi yang overvalued sehingga menyesatkan pemegang saham. Praktik ‘nakal’ itu ia ungkapkan ketika berbicara di Ira W. Sohn Research Conference, di mana ia juga merekomendasikan penjualan saham Allied Capital kepada publik. Keesokan harinya, saham Allied Capital langsung dibuka anjlok 20%. Perusahaan itu menyerang balik Einhorn dengan menyebut ia sudah melakukan manipulasi pasar. Pertikaian antara kedua pihak terus berlangsung, dan Einhorn masih saja mempertahankan posisi jual pada saham Allied Capital hingga harganya terpuruk di tahun 2008. (berlanjut ke halaman ini)

Mau menjadi seperti David Einhorn - coba demo account di sini: http://www.mifx.com/index.php/open-demo-account.php?Source=monexnews

Kirim Komentar Anda


Komentar