Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

1 November 2013, Inalum Milik Indonesia

Senin, 4 November 2013 10:07 WIB
Dibaca 369

Monexnews -Pemerintah Indonesia pada Jumat (1/11), secara resmi telah memiliki PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum). Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian MS Hidayat saat mengumumkan kembalinya seluruh aset PT Inalum di Kantor Presiden, setelah memberikan laporan langsung kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (1/11).

“Dengan berakhirnya perjanjian kerja sama dan kembalinya seluruh aset, PT Inalum dimiliki 100 persen oleh Indonesia. Per 1 November, seluruh aset kembali ke Pemerintah Indonesia,” katanya.

Pihaknya mengatakan, PT Inalum akan dikelola oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai aset baru. Namun, ia menegaskan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan akan tetap mendampingi selama masa transisi pengambilalihan tersebut. Hal ini terutama terkait dengan hal teknis, administratif, dan legal.

PT Inalum adalah usaha patungan Pemerintah Indonesia dengan Jepang. Sesuai kesepakatan, kontrak pihak Jepang dalam mengelola PT Inalum habis pada 31 Oktober 2013. MS Hidayat menambahkan, dalam waktu dekat, akan diadakan RUPS PT Inalum. Tiga direktur PT Inalum akan diganti oleh direktur asal Indonesia.

Dengan demikian, aset PT Inalum akan diserahkan kepada Pemerintah Indonesia dengan membayar kompensasi sesuai kesepakatan. Ia mengatakan, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan terkait pengambilalihan tersebut, terutama mengenai mekanisme pengalihan saham yang besarnya 558 juta dolar serta masa transisi yang akan dialami. Indonesia dan Jepang sempat belum sepakat mengenai hal tersebut. “Akhirnya sepakat pengambilalihan melalui asset transfer dan menuju arbitrase,” katanya. (ak)


Sumber: Publikasi Resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar