Senin, 22 Mei 2017

world-economy  World Economy

15 Mei, Pekerja Restoran Demo UMR di 150 Kota AS

Jumat, 9 Mei 2014 14:14 WIB
Dibaca 596

Monexnews - Sebanyak 150 kota di Amerika Serikat akan diserbu demonstrasi besar-besaran pada tanggal 15 Mei mendatang. Aksi protes ini diprakarsai oleh serikat tenaga kerja restoran cepat saji (fastfood) untuk menuntut pembayaran upah yang lebih layak.

Selain di 150 kota, rencana demonstrasi kemungkinan juga diikuti oleh pekerja restoran fastfood di 33 negara. Rencana aksi protes besar-besara semakin menguat setelah beberapa orang menggelar unjuk rasa di depan gerai McDonald's di kota New York pada hari Rabu kemarin. Mereka menuntut pemerintah kota dan pelaku bisnis untuk menaikkan upah minimum dan menghormati hak-hak pekerja.

Pergerakan massa berawal pada tahun 2012 lalu di New York, dan kemudian menyebar ke kota-kota besar lainnya termasuk Boston, Chicago, Denver, Houston, Los Angeles dan Memphis. Pengunjuk rasa didominasi oleh karyawan restoran terkenal seperti McDonald's, Burger King (BKW), Wendy's (WEN) dan Yum! Brands, pemilik merek dagang KFC. Mereka meminta UMR dikerek menjadi $15 per jam dan diberikan ruang untuk membentuk serikat pekerja.

Saat ini upah rata-rata di Amerika baru sebesar $9 per jam atau setara $18.500 per tahun. Jumlah itu $4500 lebih rendah dibandingkan ambang batas hidup layak yang ditetapkan oleh badan sensus, yang sebesar $23000 per tahun. Beberapa karyawan bahkan mengaku tidak pernah makan di tempat mereka bekerja karena dianggap terlalu mahal.

Beberapa organisasi menyatakan dukungannya terhadap rencana aksi demo minggu depan. Serikat pekerja dari berbagai sektor akan ambil bagian dalam unjuk rasa, dan menganggap aksi rekannya yang bekerja di restoran sebagai simbol perlawanan terhadap kesewenangan pemerintah dan pengusaha. Mereka yang menyatakan siap turun ke jalan adalah perwakilan dari serikat pekerja makanan, pertanian, hotel, restoran, catering, tembakau dan Aliansi Pekerja Nasional, yang membawahi 396 serikat pekerja di 126 negara. Belum ada keterangan resmi dari pihak perusahaan di atas terkait dengan rencana demo karyawannya.  

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar