Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

2012, Bank-bank Sentral Agresif Borong Emas

Kamis, 14 Februari 2013 15:36 WIB
Dibaca 521

Monexnews - World Gold Council (WGC) hari ini melaporkan hasil penelitian kuartalan terkait volume permintaan emas dunia. Menurut lembaga pengumpul data itu, bank-bank sentral memborong emas dalam jumlah besar di tahun 2012, volume pembelian tahunannya jika ditotal merupakan yang terbesar dalam 50 tahun terakhir.

Total pembelian bank sentral dunia mencapai rekor 534.6 metrik ton tahun lalu atau terbanyak sejak 1964. Aksi borong besar-besaran dipimpin oleh Rusia, Brazil dan Irak. Di sepanjang 2012, porsi pembelian bank sentral menembus 12% dari seluruh konsumsi emas dunia atau lebih tinggi dibanding catatan tahun 2011 yang baru sebesar 10%.

"Banyak negara secara aktif menambah simpanan emas. Aksi beli negara berkembang memperlihatkan bahwa skala pertumbuhan ekonomi mereka maju pesat dalam beberapa tahun terakhir," ulas WGC dalam laporannya. Kebutuhan diversifikasi makin meningkat di tengah kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu. Dollar dan aset berbasis Euro tidak bisa lagi dijadikan media pelindung nilai kas bank sentral sehingga pengalihan minat berbalik kepada emas.

Bank sentral membeli logam mulia sejak kuartal II 2009, dengan penambahan hampir 1.100 metrik ton ke dalam cadangannya. Jumlah tersebut hampir setara dengan penjualan bersih bank sentral tiga tahun sebelumnya yang menyentuh 1.143 metrik ton.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar