Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

2013, Inflasi Indonesia Tertinggi di ASEAN

Kamis, 2 Januari 2014 12:22 WIB
Dibaca 7116

Monexnews - Dalam tiga tahun terakhir (2011-2013) tekanan harga produk barang dan jasa memang dialami oleh negara-negara Asia Tenggara. Namun jika menilik pada lonjakan inflasi sepanjang periode tersebut, fluktuasi yang dialami oleh Indonesia merupakan yang paling tinggi.

Kalau di negara-negara ASEAN laju inflasi meningkat stabil dalam tiga tahun belakangan, maka tidak demikian halnya dengan Indonesia. Laju inflasi negara ini melonjak cepat dari 3.8% di 2011 menjadi 8.3% di akhir 2013. Di Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina dan Vietnam inflasi bahkan sempat menurun pada periode 2012 sebelum akhirnya terkerek naik lagi pada tahun lalu. Sementara di Myanmar dan Thailand, inflasi justru menguat dua tahun lalu dan cenderung menurun di 2013. Singapura menjadi negara ASEAN satu-satunya yang mencatat inflasi rendah dan terus menurun sejak tahun 2011 sampai sekarang.


Rekor inflasi tertinggi yang pernah tercatat dalam tiga tahun terakhir dipegang oleh Vietnam, yang angkanya mencapai 18.13% pada 2011 silam. Namun untuk tahun 2013, catatan inflasi tertinggi ASEAN ditorehkan oleh Indonesia dengan angka inflasi tahunan mencapai 8.3%.

Pada bulan Juli lalu, inflasi Indonesia merangsek ke angka tertingginya di level 3.3% atau rekor tertinggi negara ini sejak dua tahun lalu. Pemicu lonjakan utama tidak lain adalah kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi di akhir Juni. Kenaikan biaya pengeluaran untuk BBM berdampak lurus terhadap lonjakan harga-harga di pasar dan beban pemerintah. Inflasi berlanjut di bulan Agustus dengan rasio sebesar 1.1% sebelum akhirnya berbalik deflasi 0.4% sebulan kemudian.

Kalau pada tahun 2011 kontribusi laju inflasi terbesar disumbang oleh harga pangan, maka pada 2012 kenaikan terbesar dicatat oleh komponen sandang. Uniknya, pada tahun lalu laju inflasi pakaian di Indonesia turun sampai 1% sehingga inflasi tertinggi kembali dicatat komponen makanan. Sementara jika dihitung rasio kenaikannya, inflasi untuk layanan transportasi, komunikasi dan jasa keuangan menjadi yang terbesar untuk tahun 2013.

Sumber Grafik: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar