Selasa, 23 Mei 2017

world-economy  World Economy

2013, Jumlah Hutang Luar Negeri China Bertambah

Senin, 31 Maret 2014 11:24 WIB
Dibaca 1279

Monexnews - Jumlah hutang luar negeri China meningkat sebesar 17% ke angka $863 miliar pada akhir 2013 lalu. Fakta tersebut diungkapkan oleh Kantor Administrasi Valas Negara (SAFE) beberapa saat lalu.

Jumlah hutang luar negeri tersebut setara dengan 9.4% dari total gross domestic product atau 36% dari total pendapatan ekspor. Hutang jangka pendek, atau hutang dengan jangka waktu pembayaran maksimal satu tahun, mencatat jumlah terbesar dari total hutang yakni mencapai 78%.

"Hutang luar negeri naik drastis namun belum mencerminkan suatu risiko," ujar Guo Song, Deputi Direktur Permodalan SAFE. Menurutnya, faktor terpenting yang harus diperhatikan adalah rasio antara jumlah hutang luar negeri jangka pendek dengan pos cadangan devisa. Selama angka korelasinya proporsional, pemerintah dan warga tidak perlu takut adanya risiko di sistem keuangan. Saat ini rasio hutang jangka pendek dan devisa China tercatat di level kondusif, 17.7%. Guo menambahkan bahwa lonjakan hutang luar negeri jangka pendek lebih mewakili tingginya aktivitas perdagangan China, seiring dengan laju ekonomi.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar