Rabu, 20 September 2017

world-economy  World Economy

3 Fokus Kebijakan Pembangunan Indonesia di Masa Mendatang

Jumat, 8 November 2013 9:56 WIB
Dibaca 508

Monexnews - Negara-negara berkembang yang terkena dampak dari gejolak perekonomian yang tidak menentu seperti Indonesia, mempunyai permasalahan pada defisit neraca berjalan. Oleh sebab itu, pemerintah perlu membuat kebijakan-kebijakan baru. Demikian disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) M.Chatib Basri ketika memberikan keynote speech-nya dalam acara Indonesia Investment Summit 2013 di Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, Kamis (7/11).

“Kebijakan Indonesia di masa yang akan datang adalah kebijakan “mix of everything”. Artinya kebijakan-kebijakan yang tidak berseberangan dengan kebijakan lain. Kebijakan yang membuat semua sektor berjalan dengan selaras,” kata Menkeu.

Menkeu menambahkan, kebijakan yang akan datang akan lebih fokus pada sektor supply yaitu infrastruktur, sistem birokrasi pemerintah dan pembangunan sumber daya manusia. Dari sisi infrastruktur, pemerintah akan menyusun peraturan-peraturan tentang pembebasan lahan yang seperti diketahui saat ini belum ada peraturan yang dinilai efektif dan efisien sehingga sektor ini terhambat.

Di sisi birokrasi, Menkeu memberikan contoh, bahwa dalam mengurus ijin investasi di Indonesia diperlukan tahapan-tahapan yang sangat rumit dan memakan waktu serta biaya. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi daya tarik investasi di Indonesia di mata para investor. Sehingga, proses bisnis dari investasi ini perlu diperbaharui atau direformasi menjadi lebih ramah investasi.

Di sektor sumber daya manusia, Menkeu berpendapat, peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan-pelatihan sudah saatnya diserahkan pada sektor swasta sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini dinilai lebih tepat mengingat selama ini pelatihan-pelatihan yang dilakukan pemerintah seringkali kurang tepat sasaran atau tidak sesuai dengan permintaan pasar. Oleh sebab itu, pemerintah akan mendukung peningkatan SDM oleh swasta dengan memberikan insentif-insentif fiskal. “Saya berharap, dengan kebijakan-kebijakan tersebut pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan akan tercapai. Karena tahun 2013 -2014 merupakan periode stabilisasi pertumbuhan ekonomi,” tutup Menkeu. (fg)


Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar