Rabu, 20 September 2017

world-economy  World Economy

Abe Akan Hadapi Kejatuhan Bursa Jika Menunda Rencana Kenaikan Pajak

Rabu, 4 September 2013 12:32 WIB
Dibaca 525

Monexnews -Bursa saham Jepang bisa turun hingga 10 persen atau lebih jika Perdana Menteri Shinzo Abe gagal untuk melaksanakan rencana kenaikan pajak di bulan April.

Penundaan kenaikan pajak akan berdampak besar dan negatif pada pasar keuangan Jepang, kata 22 dari 32 ekonom yang di survei oleh Bloomberg News. Ekonom senior JP Morgan Masmichi Adachi mengatakan bahwa penundaan dapat mendorong bursa anjlok sekitar 10 persen, menghilangkan kapitalisasi di pasar sebesar $418 milyar, sementara ekonom UBS AG Daiju Aoki mempredikisi akan maraknya aksi jual hingga akan membuat bursa saham Nikkei 225 anjlok hingga 12 persen.

Hasil dari survei meningkatkan kemungkinan untuk Abe untuk naikan pajak untuk menopang hutang keuangan negara dan pertahankan kepercayaan pasar pada obligasi Jepang, walaupun dengan resiko akan membebani sektor rumah tangga dengan pendapatan yang stagnan dan akan ada peningkatan tercepat pada harga konsumen sejak 2008. Hasil konsensus berlawanan dengan pandangan dari kepala ekonom Standard & Poor, Paul Sheard, yang memperingatkan di bulan Juni bahwa Jepang dapat membuat kesalahan kebijakan melalui pengetatan fiskal yang premature.

“Abe tidak memiliki banyak pilihan karena dengan menunda rencana kenaikan pajak penjualan akan sangat beresiko,” kata Adachi, analis di JP Morgan dan juga mantan pejabat di Bank of Japan.” Abe akan kehilangan semua kepercayaan yang telah mendukung pasar Jepang sejauh ini.”

Sementara itu para ekonom dalam beberapa bulan terakhir telah menyoroti kemungkinan terpukulnya konsumsi dan resiko menyusutnya ekonomi dengan berkontraksi selama satu kuartal karena tingginya pajak penjualan, pemerintah mungkin akan menggunakan stimulus untuk meredam dampak tersebut.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar