Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Abe Tidak Kunjungi Kuil Perang Tokyo

Jumat, 15 Agustus 2014 10:59 WIB
Dibaca 551

Monexnews - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, tidak mengunjungi kuil perang Tokyo pada peringatan 69 tahun kekalahan Jepang pada Perang Dunia II. Meski demikian, Abe memberikan persembahan bagi kuil Yasukuni untuk menghormati tentara Jepang yang tewas dalam perang tidak hanya pada Perang Dunia. Namun, Menteri Dalam Negeri Yoshitaka Shindo terlihat mengujungi kuil tersebut.

Abe sepertinya berupaya untuk menjaga hubungan baik dengan negara tetangga terutama menjelang pertemuannya dengan Presiden Cina Xi Jinping. Kunjungan pejabat Jepang ke kuil Yasukuni sering mendapat kritik pedas terutama dari Beijing dan Seoul yang pernah dijajah oleh Jepang. Kuil tersebut merupakan tempat disemayamkannya abu jenazah 14 kriminal perang Jepang di Perang Dunia II dan juga abu jenazah pejabat militer Jepang dari berbagai era.

Pemerintahan  Abe menganggap kunjungan ke kuil Yasukuni sebagai penghormatan terhadap tentara Jepang yang telah gugur dalam berbagai pertempuran baik di dalam negeri dan juga luar negeri. Namun, Beijing dan Seoul menilai kunjungan tersebut merupakan sikap Jepang yang tidak mau mengakui kesalahannya di masa silam yang telah menjajah Cina dan Korea Selatan. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar