Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Abenomics Kembali Pulihkan Pasar Jepang

Selasa, 13 Agustus 2013 10:13 WIB
Dibaca 362

Monexnews - Lantai bursa Tokyo - Jepang rebound di perdagangan hari Selasa (13/8) terutama terbantu oleh pelemahan yen yang berhasil tembus ke atas level 97 terhadap dollar AS (USD) setelah selama 4 sesi sebelumnya berada di bawah level tersebut.

Berita rencana pemotongan pajak perusahaan turut membantu menaikkan sentimen di bursa. Surat kabar Nikkei melaporkan bahwa PM Abe telah mendesak untuk mempelajari rencana penurunan tarif pajak di sektor korporasi sebagai cara untuk menarik modal asing dan mendongkrak pertumbuhan dalam upaya mengimbangi dampak dari kenaikan pajak penjualan.

Kalangan pelaku pasar di Jepang nampak menyambut baik rencana kebijakan Abe ini. Investor menilai bahwa semangat Abe kini bangkit kembali demi memulihkan ekonomi dengan mengeluarkan langkah agresifnya yang dikenal dengan ‘Abenomics’. Dan langkah tersebut kini terealisasi dengan usahanya mencoba mendongkrak pertumbuhan dan berupaya mengeluarkan perekonomian Jepang dari belenggu deflasi yang telah berlangsung selama 15 tahun yaitu dengan kebijakan ekspansi moneter dan fiskal.

Data ekonomi yang rilis hari ini juga turut memberikan kontribusi atas sentimen positif di pasar. Angka pesanan order mesin bulan Juni (machinery orders) menurun (-2,7%) dari bulan sebelumnya. Namun level itu masih lebih baik dari perkiraan yang di prediksi akan merosot sebesar (-7,2%).  

Fitur ekonomi tersebut setidaknya mencerminkan bahwa kebijakan stimulus pemerintah telah mampu merangsang perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan belanja modal mereka (capital spending). Karena Perdana Menteri Abe telah berulang kali menekankan bahwa capital spending merupakan penggerak utama pertumbuhan ekonomi.

Di lantai bursa nampak indeks Nikkei tercatat menguat 1.35% dengan merain gain hingga +182.77 poin pada kisaran 13702.20, setelah melejit hingga level 13789.08. Sedangkan indeks Nikkei futures juag turut rally 1.78% atau +240 poin pada area 13740 setelah melesat hingga level 13800. Sementara nilai kurs yen di transaksikan stabil pada kisaran 97.23 terhadap USD setelah terpuruk hingga level 97.44.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar