Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

ADB: Pasar Obligasi Lokal Berpeluang Memburuk

Senin, 30 September 2013 10:29 WIB
Dibaca 435

Monexnews - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) melaporkan bahwa performa pasar obligasi berdenominasi mata uang lokal di negara-negara Asia Timur berisiko memburuk, dengan potensi pengetatan likuiditas global. Hal tersebut tercantum dalam Laporan Asian Bond Monitor teranyar yang diluncurkan ADB.

Menurut ADB dalam laporannya, kondisi berpotensi memburuk di paruh kedua tahun ini. "Pasar obligasi Asia dan pemegangnya dalam posisi lebih baik daripada krisis 1997-1998. Namun, proyeksi ke depan akan ada masa sulit," ungkap Kepala Kantor ADB untuk Integrasi Ekonomi Kawasan Iwan Jaya Azis dalam keterangan resminya, pada Kamis (26/9).

"Tantangannya apabila kawasan ini bisa berjalan dengan biaya penerbitan obligasi yang lebih mahal dan turunnya harga aset yang bisa memengaruhi neraca korporasi dan menghambat pertumbuhan ekonomi," katanya. Dalam laporan ADB itu, menunjukan keuntungan obligasi Indonesia turun 17,8 persen di tangan investor sekunder. Kondisi ini berbeda dengan negara tetangga seperti Filipina, di mana ADB mencatat keuntungan dari investor obligasi juga unhedged, yang justru naik sebesar 7,5 persen. (ak)

(art)

Sumber: website kementrian keuangan RI - www.depkeu.go.id

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar