Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Agensi Rating: Yunani Tidak Akan Default Jika Gagal Bayar ECB, IMF

Jumat, 1 Mei 2015 19:40 WIB
Dibaca 3337

Monexnews - Sebagian besar agensi rating besar mengatakan mereka tidak akan memangkas rating Yunani menjadi defaulit jika gagal melakukan pembayaran pada International Monetary Fund atau European Central Bank, langkah yang dapat terus menjaga aliran dana penting dari ECB menuju sistem keuangan. Yunani berutang hampir 1 milyar euro pada IMF di bulan Mei dan hampir 7 milyar euro pada ECB di bulan Juli dan Agustus serta ada kecemasan bahwa pemerintah Yunani, yang menemui kebuntuan dalam negosiasi dengan pihak kreditur, akan tidak sanggup membayarkan tepat waktu.

Hal ini akan membuat nasib Yunani di dalam zona euro tidak jelas dan menimbulkan pertanyaan apakah hal tersebut dapat memicu reaksi serupa, kemungkinan mempercepat waktu jatuh tempo pembayaran pada sektor swasta dan kreditur lainnya, turut menambah permasalahan Yunani. Namun bagi sebagian besar agensi rating, yang mana pandangannya menentukan apakah ECB masih dapat menerima obligasi pemerintah Yunani sebagai kolateral pinjaman pada sektor perbankanya, kegagalan dalam melakukan pembayaran untuk IMF tidak akan membuat Yunani default. Hal tersebut penting untuk mempertahankan mekanisme topangan hidup, dana darurat ELA yang disediakan oleh bank sentral Yunani dengan persetujuan dari ECB, mengalir menuju sektor perbankan kareana ECB tidak akan menerima obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah yang default.
Standard and Poor's, Fitch dan DBRS, yang merupakan 3 dari 4 agensi rating terbesar, semuanya mengatakan bahwa seiring IMF dan ECB bukanlah kreditur yang standar, kegagalan pembayaran kepada salah satu dari mereka, meski mungkin akan mendorong rating Yunani anjlok lebih dalam hingga level junk, namun tidak akan dianggap default. Frank Gill dari S&P mengatakan bahwa jika akhirnya nanti Yunani, dengan alasan apapun, tidak membayarkan utangnya pada IMF dan ECB, hal tersebut tidak akan mengakhirbatkan default oleh kriteria kami karena merupakan utang sektor pemerintah.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar