Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Jadi Prioritas Pemerintah

Rabu, 30 April 2014 13:54 WIB
Dibaca 388

Monexnews - Infrastruktur memiliki peran penting sebagai salah satu fondasi perekonomian sekaligus penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, Wakil Presiden Boediono menegaskan, saat ini pemerintah telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Infrastruktur adalah prioritas utama untuk melanjutkan pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur harus kita bangun secara all out," tegasnya saat membuka Indonesia Green Infrastructure Summit 2014 di The Ritz Carlton Hotel, Jakarta, pada Selasa (29/4). Pemerintah, lanjut Wapres, terus berupaya untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur. Namun demikian, menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut perlu kerja sama antara pemerintah dan swasta.

Wapres mengatakan, pemerintah akan memperkuat skema pembiayaan agar pembangunan infrastruktur berjalan optimal. Skema pembiayaan tersebut akan diarahkan dengan mengombinasikan pembiayaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan kerja sama pembiayaan dari pihak swasta. "Skema pembiayaan yang jelas dapat menentukan keberlangsungan proyek infrastruktur," katanya.

Selain itu, Wapres juga memandang pentingnya pengembangan green economy dalam pembangunan infrastruktur. Ia berharap, pengembangan green economy juga diteruskan oleh pemerintahan terpilih selanjutnya. "Dan saya harap pemerintah yang akan datang akan all out," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, terdapat tiga alur pengembangan infrastruktur yang harus diterapkan di Indonesia. "Pertama, Indonesia harus mempunyai kualitas SDM yang mumpuni," katanya. Yang kedua, pemerintah harus menerapkan pemberian insentif. "Kompensasi fiskal kami pertimbangkan," katanya. Terakhir, skema pembiayaan infrastruktur juga harus jelas.(ak)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar