Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

Aktivitas Bisnis Zona Euro Masih Lesu

Rabu, 5 Juni 2013 15:48 WIB
Dibaca 487

Monexnews - Aktivitas bisnis di zona Euro kembali melemah pada bulan Mei 2013. Fakta tersebut kian memperkuat asumsi berlanjutnya penurunan ekonomi untuk jangka pendek meski di sisi lain situasi bisnis di Jerman dan Spanyol membaik. 

Perusahaan penyedia data Markit hari ini melaporkan aktivitas sektor manufaktur dan jasa di 17 negara pengguna Euro naik menjadi 47.7 di bulan Mei dari catatan bulan sebelumnya di 46.9. Angka di bawah 50 memang masih mengindikasikan kontraksi akan tetapi rasio penurunan tidak seburuk tiga bulan sebelumnya.

Kondisi sektor manufaktur di masing-masing negara terbilang beragam. Data negara Jerman direvisi naik karena menunjukkan adanya pertumbuhan marjinal, sedangkan kontraksi bisnis di Spanyol tidak separah dua tahun lalu.

Tingkat penurunan aktivitas manufaktur semakin rendah di seluruh negara. Namun aktivitas di sektor jasa, yang berkontribusi lebih besar terhadap nilai ekonomi zona Euro, masih terlihat setengah-setengah, yakni memburuk di Italia dan cenderung tidak berubah di Jerman dan Prancis.

Chris Williamson, Kepala Ekonom Markit, menyebut adanya gejala stabilisasi bisnis di Jerman dan sinyal perbaikan di negara-negara lainnya. Hal ini membuka optimisme akan segera berakhirnya krisis ekonomi yang kaitannya sangat erat dengan program pelunasan hutang beberapa negara. Pun demikian, Wiliamson menilai investor kurang memiliki alasan untuk berharap pemulihan ekonomi secara cepat. "Kenyataannya adalah kawasan Euro kekurangan motor percepatan dan maksimal hanya bisa menjaga stabilitas saat ini," imbuhnya. Nilai tukar Euro sekarang terpantau di level 1.3062 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar