Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Aktivitas Manufaktur Blok Euro Melambat di Bulan Juni

Selasa, 1 Juli 2014 16:26 WIB
Dibaca 528

Monexnews - Aktivitas sektor manufaktur zona Euro melambat dalam periode 3 bulan sampai Juni, menurut sebuah survey yang dirilis hari Selasa. Yang menandakan jika laju pemulihan yang telah berlangsung lebih dari setahun masih tetap lemah dan tidak merata.

Hasil survey bulanan Markit terhadap sekitar 3.000 produsen di blok 18-negara menunjukkan indeks manufaktur merosot ke 51,8 pada bulan Juni dari 52,2 pada bulan Mei. Angka tersebu sedikit lebih rendah dari survey awal Markit yang menunjukkan angka 51,9. Untuk kuartal ke-2 secara keseluruhan, PMI rata-rata juga mencatat penurunan menjadi 52,4 dari 53,4 pada kuartal pertama.

Meski demikian, ada tanda-tanda bahwa beberapa negara yang mengalami krisis hutang dan perbankan terparah mulai memperlihatkan peningkatan aktivitas. Pabrik-pabrik di Spanyol berhasil membukukan pertumbuhan bulan terkuat mereka sejak April 2010. Sementara sejumlah perekonomian utama zona Euro justru memperlihatkan perlambatan aktivitas, termasuk Jerman, Austria, dan Belanda, dengan Perancis mencatat kontraksi.

Melambatnya aktivitas sektor manufaktur pada kuartal ke-2 juga memicu pertanyaan tentang keberlanjutan pemulihan zona Euro.

"Perlambatan akan menempatkan tekanan pada European Central Bank untuk bertindak lebih agresif dalam mencegah terhentinya pemulihan, dan membuat kami semakin yakin jika pembuat kebijakan akan mengimplementasikan lebih banyak QE," kata Chris Williamson, kepala ekonom Markit. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar