Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

Aktivitas Manufaktur Spanyol Membaik

Senin, 3 Juni 2013 15:10 WIB
Dibaca 388

Monexnews - Aktivitas manufaktur di Spanyol turun dalam laju yang lebih rendah di bulan Mei. Fakta terbaru di negara bermasalah ini bisa dilihat sebagai titik balik menuju perbaikan sektoral di bulan-bulan berikutnya.

Lembaga penyedia data Markit hari ini mengumumkan bahwa indikator bulanan utama sektor manufaktur Spanyol naik dari 44.7 (April) ke 48.1 di bulan Mei 2013. Angka indeks di bawah 50 memang masih mengindikasikan penurunan aktivitas pabrikan, namun rasio pelemahan di bulan Mei merupakan yang paling rendah sejak Mei 2011. Penurunan jumlah pesanan produk hanya turun secara marjinal dan berpotensi lebih baik lagi bulan depan.

"Sektor manufaktur Spanyol bergerak mendekati stabil di bulan Mei," ujar Andrew Harker, Ekonom dan Peneliti Markit. Untuk sementara waktu, Harker menilai permintaan domestik tetap rendah dan Spanyol hanya bisa berharap pada pesanan produknya dari luar negeri. "Semua sangat tergantung pada permintaan ekspor, apabila bisa terus stabil di bulan-bulan berikutnya maka imbasnya bisa bagus ke sektor lain," tambah Harker. Perekonomian di negara terbesar ke-empat zona Euro telah melambat selama empat setengah tahun. Nilai tukar Euro saat ini terpantau di 1.3033 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar