Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Aktivitas Manufaktur Spanyol Terjaga di Akhir Tahun

Kamis, 2 Januari 2014 16:33 WIB
Dibaca 358

Monexnews - Aktivitas manufaktur di Spanyol membaik di bulan Desember 2013. Fakta ini dipicu oleh meningkatnya jumlah pesanan produk baru, terutama setelah volume permintaan sempat menurun di bulan November.

Lembaga penyedia data Markit hari ini mengumumkan bahwa indikator bulanan utama sektor manufaktur Spanyol naik dari 48.6 (November) 50.8 di bulan terakhir 2013. Angka indeks di atas 50 mengindikasikan suatu kinerja yang bagus karena mencerminkan ekspansi aktivitas. Kenaikan indeks dipengaruhi oleh peningkatan unit usaha baru dan hasil produksi pabrik. Perusahaan-perusahaan Spanyol berhasil mengambil keuntungan dari kenaikan harga produk yang mereka berlakukan. Penyesuaian harga memang dilakukan untuk menutupi beban biaya produksi yang cenderung meningkat.

"Sektor manufaktur Spanyol bergerak positif di penghujung tahun, terutama setelah mengalami penurunan satu bulan sebelumnya," ujar Andrew Harker, Ekonom dan Peneliti Markit. Peningkatan jumlah permintaan memberikan optimisme bagi pengusaha asal Spanyol yang sejak lama menantikan momentum percepatan ekonomi nasional.


*Nilai tukar Euro saat ini terpantau di 1.3727 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar