Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

Aktivitas Manufaktur Zona Euro Makin Sehat

Senin, 3 Juni 2013 15:43 WIB
Dibaca 393

Monexnews - Membaiknya aktivitas manufaktur di negara Spanyol turut diikuti oleh Euro-zone. Lembaga penyedia data Markit hari ini kembali mengumumkan bahwa factory activity zona Euro turun dalam laju paling rendah sejak lebih dari satu tahun terakhir. 

Menurut Markit, kinerja sektor pabrikan Jerman mendekati stabil dan pergerakannya seiring dengan kondisi manufaktur di Spanyol dan Yunani, dua negara yang sedang terkendala krisis ekonomi. Fakta terbaru ini memperkuat optimisme akan perbaikan performa ekspor antar negara di 17 negara pengguna valuta tunggal di semester II 2013.

Manufacturing purchasing managers' index Euro naik menjadi 48.3 di bulan Mei dari catatan sebelumnya di 46.7 (April). Angka di bawah 50 memang masih mengindikasikan perlambatan, namun laju penurunannya adalah yang paling rendah dalam 15 bulan terakhir. "Meskipun manufaktur Euro-area berkontraksi di bulan Mei, rasio penurunannya lebih baik dibanding histori sebelumnya," tutur Chris Williamson, Kepala Ekonom Markit. Menurutnya, kinerja pabrik-pabrik belum terlalu mendekati stabilitas dan tetap membebani laju perekonomian secara keseluruhan.

Data resmi menunjukkan kalau perekonomian zona Euro menciut selama 18 bulan hingga kuartal I. Survei PMI juga mengindikasikan kontraksi lanjutan antara April dan Juni. Namun demikian, laporan Markit terbaru memperlihatkan bahwa aktivitas manufaktur di seluruh anggota Euro lebih sehat. Indikator yang sama untuk negara Spanyol dan Yunani bahkan membaik, dengan laju perlambatan pada rasio terndah dalam dua tahun terakhir. Sementara aktivitas pabrik di Jerman naik ke 49.4 atau level tertingginya dalam 3 bulan belakangan. Nilai tukar Euro saat ini terpantau di level 1.3025 terhadap Dollar.

Beberapa saat sebelumnya, data aktivitas manufaktur di Spanyol turun dalam laju yang lebih rendah di bulan Mei. Lembaga penyedia data Markit mengumumkan bahwa indikator bulanan utama sektor manufaktur Spanyol naik dari 44.7 (April) ke 48.1 di bulan Mei 2013. Angka indeks di bawah 50 memang masih mengindikasikan penurunan aktivitas pabrikan, namun rasio pelemahan di bulan Mei merupakan yang paling rendah sejak Mei 2011. Penurunan jumlah pesanan produk hanya turun secara marjinal dan berpotensi lebih baik lagi bulan depan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar