Jumat, 28 Juli 2017

world-economy  World Economy

Aliran Investasi Asing Ke China Melambat

Jumat, 17 Mei 2013 15:36 WIB
Dibaca 455

Monexnews -

Aliran investasi asing langsung (FDI) di Cina melambat untuk empat bulan pertama 2013, walaupun Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa menunjukkan sinyal penguatan ekonomi. FDI Cina hanya naik sebesar 1,21% dibandingkan setahun lalu.

FDI Cina dilaporkan sebesar $38,3 miliar sepanjang periode Januari hingga April. Angka itu sudah termasuk termasuk investasi $8,4 miliar pada April, naik hanya 0,4% ketimbang April 2012. Cina secara tradisional menjadi tujuan utama arus investasi dunia. Namun, investasi kini juga mulai mengalir ke luar Cina.

Investasi dari AS selama empat bulan pertama 2013 naik 33,2% dibandingkan tahun lalu. Aliran modal dari Uni Eropa naik 29,7% sedangkan investasi asal Jepang menguat 9,2%. Namun, investasi dari negara Asia lain sangat lemah, hanya naik 0,21% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pelemahan permintaan akan produk ekspor Cina diperkirakan ikut berkontribusi menurunkan antusiasme pihak asing untuk menanamkan modal di sana. Sektor manufaktur Cina masih harus berjuang keras mencari pasar yang menjanjikan keuntungan bagi mereka, menyusul kondisi terbaru di AS dan Eropa. AS masih berkutat dengan tingkat pengangguran yang tinggi. Sedangkan perekonomian Eropa masih tergelincir dalam resesi paling panjang sejak zaman Perang Dunia II.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar