Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Angka Nonfarm Payrolls Potensial Memicu Tapering Stimulus Fed

Jumat, 7 Maret 2014 21:41 WIB
Dibaca 756

Monexnews -

Laporan tenaga kerja AS yang baru saja dirilis menunjukkan kenaikan lapangan kerja secara signifikan, meski nonfarm payrolls AS belum naik ke level rata-rata potensialnya di kisaran 200,000 namun pertumbuhan bulan February di 175,000 sudah cukup untuk mengimbangi pertumbuhan populasi AS.

Tingkat pengangguran naik tipis ke 6.7% dari bulan sebelumnya di 6.6% sekaligus merupakan kenaikan pertama sejak Desember 2012, sedangkan tingkat partisipasi tenaga kerja masih stabil di 63% yang merupakan level terendah dalam 3 dekade terakhir.

Kenaikan angka nonfarm payrolls sebagian besar dipicu pertumbuhan pasar kerja di bisnis jasa dan professional, yang bertambah 79,000, sedangkan di sektor konstruksi mengalami kenaikan moderat sebesar 15,000. Sementara pertumbuhan di sektor pertambangan dan penebangan yang terimbas oleh cuaca buruk masih flat. Pasar kerja di sektor manufaktur tidak banyak berubah.

Komponen lainnya juga menunjukkan pertumbuhan pendapatan pekerja yang cukup menyehatkan dimana earnings naik 2.2%. Jika kenaikan earnings masih berlanjut pada laju ini, seharusnya dapat memberikan sinyal bahwa rumah tangga mendapatkan pendapatan lebih tinggi sehingga inflasi dapat beranjak naik.

Implikasi nya terhadap kebijakan The Fed adalah laporan ini cukup positif untuk perekonomian selama musim dingin dengan cuaca buruk, sehingga dapat meyakinkan para pemangku kebijakan Federal Reserve untuk melanjutkan tapering program pembelian obligasinya. Pasar tenaga kerja AS memang masih jauh dari kategori pertumbuhan yang pesat, namun laporan ini dapat memberikan argument positif bahwa pemulihan ekonomi AS akan bertambah di musim panas nanti.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar