Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

Angka Pekerjaan di Zona Euro Menurun Tajam

Jumat, 14 Juni 2013 17:09 WIB
Dibaca 517

Monexnews - Jumlah orang yang bekerja di zona Euro mengalami penurunan tajam pada kuartal pertama tahun ini, dengan merosot ke level terendah dalam lebih dari 7-tahun, berdasarkan sebuah data yang dirilis hari Jumat. Data ini kembali menyoroti masalah jangka panjang di pusat krisis hutang zona Euro dan berpotensi mengikis optimisme bahwa fase pemulihan telah dimulai.

Indikator terpisah mungkin telah mengindikasikan jika resesi panjang di blok 17-negara telah mendekati akhir, namun rendahnya tingkat pekerjaan beresiko menghambat pemulihan ekonomi seiring terbatasnya kekuatan permintaan konsumen.

Laporan lembaga statistik Uni Eropa, Eurostat, memperlihatkan jumlah orang yang bekerja 17 negara pengguna mata uang Euro berkurang sebanyak 0,5% pada kuartal pertama dibandingkan dengan 3 bulan terakhir tahun 2012. Penurunan kuartalan terbesar sejak kuartal ke-2 tahun 2009 tersebut menyisakan hanya 145,1 juta orang yang dipekerjakan, yang menjadi level terendah sejak kuartal ke-4 tahun 2005.

Angka pekerjaan terburuk datang dari Yunani, dimana jumlah orang yang bekerja anjlok 2,3% pada 3 bulan pertama tahun ini dari kuartal terakhir tahun lalu. Portugal membuntuti di posisi ke-2 setelah mencatat penurunan sebesar 2,2%. Sedangkan Spanyol, Siprus dan Italia sama-sama mencatat penurunan 1%.

Sementara data Eurostat lainnya yang dirilis dalam waktu bersamaan menunjukkan inflasi harga konsumen di zona Euro tumbuh pada laju tahunan 1,4% pada bulan Mei, lebih cepat dari 1,2% yang tercatat pada bulan sebelumnya. Namun angka tersebut masih jauh di bawah target jangka menengah European Central Bank, yang ditetapkan sedikit di bawah 2%. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar