Sabtu, 21 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Apresiasi Franc Mengikis Prospek Pertumbuhan Swiss

Selasa, 16 Juni 2015 15:27 WIB
Dibaca 2437

Monexnews - Pemerintah Swiss pada hari Selasa memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini menyusul terpukulnya ekspor oleh penguatan Franc. Pemerintah juga mengeluarkan peringatan tentang dampak potensial yang mungkin harus dihadapi oleh mata uang mereka jika Yunani gagal mencapai kesepakatan dengan kreditur Eropa.

"Efek dari keputusan Swiss National Bank mencabut pembatasan nilai tukar Franc pada bulan Januari lalu telah memperburuk prospek ekonomi, yang masih akan rentan terhadap perubahan kurs mata uang asing," menurut State Secretariat for Economic Affairs atau SECO.

Apresiasi Franc, terutama versus Euro, telah mengikis daya saing ekspor produk Swiss. Ekspor dilaporkan turun 1,3% pada bulan April seiring melemahnya permintaan untuk bahan kimia, produk farmasi dan jam tangan dari Eropa dan AS. Kondisi tersebut mendorong SECO menurunkan proyeksi pertumbuhan GDP Swiss untuk tahun 2015 menjadi 0,8%, dari proyeksi bulan Maret yang sebesar 0,9%. Sedangkan pertumbuhan untuk tahun 2016 diprediksi sebesar 1,6%, lebih rendah dibandingkan 1,8% sebelumnya. 

Dalam kesempatan yang sama SECO mempertahankan proyeksi tingkat pengangguran Swiss di kisaran 3,3% untuk tahun ini, dan 3,5% untuk tahun depan. Sementara rata-rata inflasi harga konsumen Swiss diharapkan tumbuh 1,0% di tahun ini dan 0,3% di tahun depan, tidak berubah dibandingkan proyeksi sebelumnya. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar