Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

April, Bank of Korea Diyakini Mulai Turunkan Suku Bunga

Jumat, 30 Januari 2015 10:46 WIB
Dibaca 633

Monexnews - Bank of Korea (BOK) diperkirakan mulai melaksanakan program pelonggaran moneternya tahun ini. Kebijakan penting pertama kemungkinan keluar pada pertemuan bulan April mendatang. 

Menurut Ekonom bank investasi Nomura, Kwon Young-sun, sektor bisnis Korea Selatan mulai pulih setelah data hasil industri dirilis pada ngka yang lebih baik dari perkiraan akhir tahun lalu. Namun ia melihat fakta itu belum menjamin tren pertumbuhan karena beberapa perusahaan, terutama otomotif, memang mengejar target produksi dengan membuat mobil lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itulah bank sentral masih perlu memangkas suku bunga untuk membuka akses bisnis bagi pelaku ekonomi.

"BOK akan menurunkan suku bunga acuan di bulan April dan Juni dengan lebih dulu memantau perkembangan terbaru," kata Kwon. Industrial output Korea di bulan Desember tumbuh 3% dibandingkan satu bulan sebelumnya dan untuk skala tahunan, produksi industri naik 0,4%.

Prediksi Nomura sejalan dengan pendapat HSBC, yang juga meyakini BOK akan memangkas suku bunga minimal dua kali di tahun 2015. HSBC memperkirakan penurunan bunga jilid pertama terjadi pada kuartal pertama, kemudian disusul oleh pemangkasan ke-dua di triwulan III.

Bank of Korea perlu menurunkan suku bunga sampai serendah 1,50% tahun ini untuk mendukung perekonomian. Proyeksi tersebut dilontarkan oleh pakar ekonomi bank investasi HSBC, Ronald Man, awal Januari. Penurunan suku bunga sebanyak 25 basis-poin berpeluang terjadi bersamaan atau tidak lama setelah Bank sentral men-downgrade target ekonominya bulan ini. "Sementara penurunan suku bunga berikutnya kemungkinan berlaku setelah Bank of Japan mengeluarkan stimulus barunya di kuartal II," ujar Man. Korea memang perlu menyeimbangkan kebijakan dalam negerinya dengan kebijakan Jepang untuk menjaga kinerja ekonomi, terutama yang berkaitan dengan sektor ekspor.

Gubernur Bank of Korea, Lee Ju-yeol, bulan lalu memberi isyarat bahwa pihaknya akan merevisi turun target pertumbuhan 2015 yang masih sebesar 3,9%. Dewan gubernur BOK akan bertemu pada 15 Januari mendatang, di mana agenda utamanya kemungkinan besar menahan suku bunga 2% untuk bulan ke-dua secara beruntun. Terakhir kali otoritas moneter Korea mengubah suku bunga adalah pada Agustus dan Oktober 2014.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar