Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

AS Mulai Persenjatai Kaum Kurdi Irak

Selasa, 12 Agustus 2014 8:48 WIB
Dibaca 479

Monexnews - Pemerintah AS telah mensuplai persenjataan untuk kaum Kurdi Irak demi melawan kelompok militan ISIS yang telah menguasai wilayah utara Irak, menurut laporan Reuters. Wilayah Kurdi mendapatkan status semi-otonom dari pemerintah Irak sehingga memiliki militer sendiri. Namun, militer Kurdi terlihat kewalahan melawan militan ISIS yang merupakan pecahan dari kelompok teroris Al Qaeda.

Reuters melaporkan senjata saat ini disuplai oleh CIA namun Pentagon akhirnya akan memulai persenjataan secara lengkap. AS telah melakukan serangan udara untuk membatasi ruang gerak ISIS dan ini turut membantu Kurdi dalam menguasai dua kota strategis di wilayah utara Irak. Washington telah menegaskan bahwa peran AS dalam perang Irak akan terbatas dan hanya bertujuan untuk mencegah pembataian kaum minoritas di Irak. 

AS awal menolak untuk mempersenjatai kaum Kurdi karena ingin melihat Irak tetap bersatu dan mencegah keinginan Kurdi untuk menjadi wilayah otonom. Namun, derasnya kritik atas kebijakan luar negeri AS di Irak dan meningkatnya popularitas ISIS sepertinya telah berhasil mendorong sikap lebih aktif dari AS untuk menstabilkan wilayah yang tengah mengalami perang saudara tersebut. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar