Sabtu, 21 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Aset Emas John Paulson Anjlok 65% dalam Sebulan

Selasa, 9 Juli 2013 15:14 WIB
Dibaca 684

Monexnews - Lembaga investasi berbasis emas milik John Paulson kehilangan 65% dari total dana kelolaannya sepanjang tahun ini di tengah periode penurunan harga logam mulia. Jumlah portofolio nasabah berbasis emas turun 23% bulan lalu, seperti dikutip CNBC dari dua sumber dekat perusahaan.

Kalau dalam beberapa tahun ke belakang John Paulson menuai laba besar dari kenaikan harga emas, maka situasinya jauh berbeda di tahun 2013. Nilai dana kelolaannya di emas fisik dan aset pertambangan bahkan turun sampai dua dijit dalam tiga bulan terakhir. Pada bulan Juni saja, harga emas anjlok 12% akibat kekhawatiran investor akan penghentian program stimulus Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Masih belum jelas bagaimana rasio penurunan harga sebesar 12% berdampak terhadap tergerusnya aset dana kelolaan John Paulson sebesar 23% pada bulan Juni lalu. Spekulasi yang merebak adalah kerugian itu disebabkan oleh penggunaan leverage di pasar derivatif. Sampai berita ini diturunkan oleh beberapa media keuangan, pihak John Paulson menolak untuk berkomentar.

Terlepas dari kerugian itu, bukan berarti nasabah perusahaan investasi Paulson sangat terpukul karena rasio dana kelolaan nasabah hanya sebesar 2% dari total aset Paulson. Sumber dekat CNBC di lembaga investasi menyebut bahwa sebagian besar aset kelolaan emas merupakan dana milik pribadi Paulson. Jumlahnya sendiri sudah tergerus dari $700 juta pada kuartal I 2013 menjadi hanya $300 miliar sampai akhir Juni lalu. Jadi kalaupun ada orang yang paling tersiksa oleh pergerakan harga emas terkini tak lain adalah John Paulson sendiri. 

Nilai aset kelolaan lembaga milik Paulson sempat tercatat menembus $1 miliar pada tahun 2010 setelah naik 35% dibandingkan tahun 2009. Kala itu, Paulson konon mengantongi $5 miliar per tahun dari keuntungan investasi logam mulia. Namun kondisi mulai berbalik negatif sejak bulan April lalu, di mana lembaga pengelola merugi 27% pasca penurunan harga emas sebanyak 17% hanya dalam dua minggu. Sampai saat ini belum ada keterangan resmi sebesar apa kerugian Paulson dan penurunan aset nasabahnya di bulan Juni karena hanya pihak dalam yang mengetahui porsi dana kelolaan sang pemilik dan berapa modal titipan kliennya di perusahaan. 

*Harga emas saat ini terpantau di level $1256.88 per ons.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar