Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Australia Beresiko Kehilangan Rating AAA Miliknya

Jumat, 23 Mei 2014 9:14 WIB
Dibaca 526

Monexnews - Rating kredit AAA milik Australia telah menjadi sorotan pekan ini setelah laporan media lokal bahwa Standard & Poor's dapat mengkaji ulang rating tersebut kecuali adanya pemangkasan anggaran dalam jumlah besar hingga tahun depan. Agensi rating yang merupakan salah satu dari 3 agensi rating terbesar di dunia, juga dilaporkan mengatakan tidak ada resiko terhadap rating dalam waktu depan, yang mana memiliki outlook stabil. Namun apa permasalahannya? Jawabannya adalah sektor politik yang terakit dalam pengesahan anggaran pemerintah pekan lalu.

Perdana Menteri Tony Abbott dan Menterei Keuangan Joe Hockey keduanya pekan ini mengatakan rating kredit Australia dapat terkena downgrade jika Partai Buruh oposisi dengan minoritas partai menolak kebijakan aggaran di Senat atau upper house.

"Kenyataannya adalah downgrade mungkin akan signifikan, namun peluangnya tipis," ucap Chris Weston, kepala strategis pasar pada IG di Melbourne. "Perlu diingat bahwa terlepas dari partai politik di Australlia, keduanya sangat fokus pada manajemen neraca keuangan pemerintah dan berusaha untuk mempersempit defisit, yang mana tentunya adalah salah satu permasalah kunci yang diumumkan S&P," tambahnya. 

Australia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki rating AAA, dan juga satu-satunya negara maju yang dapat menghindari resesi saat krisis keuangan global, namun perekonomiannya saat ini berada dalam tekanan seiring melambatnya investasi pertambangan. 

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar