Kamis, 25 Mei 2017

breaking-news Klaim Pengangguran AS naik ke 234K pekan lalu,sebelumnya 232K, perkiraan 238K

world-economy  World Economy

Australia Jajaki Fase Transisi Ekonomi

Senin, 3 Februari 2014 9:10 WIB
Dibaca 344

Monexnews - Rangkaian data ekonomi Australia awal pekan ini mencerminkan suatu fase transisi di negara penghasil komoditi mineral terbesar dunia itu. Peralihan jelas terlihat, di mana 'booming' sektor pertambangan sudah berakhir dan sektor ekonomi lainnya baru bergeliat.

Hasil data perumahan menunjukkan perbaikan daya beli untuk kebutuhan pokok warga. Minat untuk memiliki rumah dan properti memang membaik sejak pemerintah mematok suku bunga rendah. Fakta ini akan menjadi topik pembahasan pada pertemuan perdana Bank Sentral Australia hari Selasa (04/02). Menurut lembaga riset RP Data-Rismark, harga rumah di delapan kota besar Australia bertambah mahal 1.2% di bulan Januari. Dibandingkan satu tahun sebelumnya, harga rumah bahkan sudah naik 9.8%. "Belum ada alasan bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga, namun dewan harus memikirkan cara lain untuk menangkal potensi gelembung harga properti," ujar Craig James, chief economist Commsec. 

Sementara itu data terpisah memperlihatkan suatu penurunan pada jumlah izin pembangunan antara bulan November dan Desember yakni sebesar 2.9%. Pun demikian, jumlah perizinan di akhir tahun lalu masih lebih tinggi 20% dibandingkan catatan periode yang sama tahun 2012. Adapun dari sektor manufaktur, terjadi penurunan aktivitas di bulan Januari akibat dipengaruhi oleh pelemahan kurs Dollar Australia yang mencapai 15%. Reserve Bank of Australia akan menggelar meeting bulanan pada hari Selasa, sekaligus memaparkan revisi outlook ekonominya.

[Nilai tukar AUD/USD kini terpantau pada posisi 0.87626]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar