Senin, 20 November 2017

world-economy  World Economy

Awal Lemah Sektor Manufaktur China di 2014

Kamis, 30 Januari 2014 10:51 WIB
Dibaca 402

Monexnews - Survei dari HSBC menunjukkan aktivitas manufaktur China kembali berkontraksi untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir, mengindikasikan awal yang lemah di tahun kuda ini bagi perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

Indeks manufaktur PMI dari Markit/HSBC pada bulan Januari turun tipis menjadi 49,5 dari rilis awal pekan lalu sebesar 59,6, dan turun dari bulan Desember ketika mencapai 50,5. Angka dibawah 50 menunjukkan aktivitas tersebut berkontraksi.

“Meskipun lemah, namun PMI ini tidak jauh dari angka awal kami, dan tetap dibawah 50. Kita mengawali tahun ini dengan fondasi yang lemah. Bisnis sedang berkontraksi saat tahun baru China dan kembali lagi dari liburan pelan depan. Saya penasaran untuk melihat apakah perusahaan akan mulai memacu aktivitas atau kembali melemah” kata Frederic Neumann dari HSBC.

Aktivitas ekonomi China biasanya melambat pada akhir Januari dan awal Februari akibat libur tahun baru China. Survei HSBC menunjukkan pertumbuhan  output dan bisnis baru melemah dan perusahaan memangkas tenaga kerja dalam jumlah yang terbanyak sejak Maret 2009.

Data manufaktur PMI awal dari HSBC pekan lalu, bersama dengan ketatnya likuiditas di China memicu kekhawatiran akan pelambatan ekonomi China  dan memberikan pukulan bagi pasar finansial global. Beberapa analis mengatakan outlook pertimbuhan di China dapat menjadi kunci kestabilan pasar negara berkembang yang terkena hantaman arus keluar dana asing akibat pemangkasan stimulus moneter oleh Federal Reserve. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar