Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Bagi Australia, China Lebih dari Sekedar Rekan Kerja

Rabu, 2 Juli 2014 13:45 WIB
Dibaca 447

Monexnews -  China dikenal mitra dagang terdekat bagi negara Australia. Tidak heran jika dinamika yng terjadi di dua negara ini turut berdampak pada perekonomian negara lainnya. Apabila data ekonomi Australia memburuk, maka prospek perdagangan negara China juga tidak akan bagus, dan begitu pula sebaliknya.

Untuk mengukur seberapa besar peranan China terhadap Australia, Ekonom Bank Investasi CommSec, Savanth Sebastian, mempunyai caranya sendiri. Jadi jika nilai perdagangan kedua negara dibagi dengan jumlah orang Australia, maka setiap warga akan mendapat sekitar AUD2,200.

Jumlah itu merepresentasi total surplus perdagangan Australia dengan China yang angkanya mencapai AUD51.1 miliar di bulan Mei. "Menariknya, lebih dari seperempat kerjasama internasional Australia dilakukan dengan China," ujar Sebastian. Ia menilai ketergantungan negeri kangguru terhadap China sudah melebihi keakraban yang pernah terjalin dengan pihak Jepang di era industrialisasi dulu. "Ketergantungan terhadap China sekarang sudah lebih besar dibandingkan ketika dulu Jepang masih berjaya," tambah Sebastian.

Adapun produk yang menjadi komoditi ekspor andalan Australia ke Tiongkok yitu hasil bumi seperti bijih besi dan batubara. Menurut data perdagangan terbaru, Australia mencatat defisit perdagangan AUD1.91 miliar atau jauh di atas estimasi defisit 20 ekonom Wall Street Journal yakni hanya sebesar AUD100 juta.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar