Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Bahas Isu Sensitif, Obama akan Temui Bos Perusahaan Teknologi

Selasa, 17 Desember 2013 11:47 WIB
Dibaca 448

Monexnews - Presiden Obama hari ini dijadwalkan bertemu dengan belasan orang petinggi perusahaan teknologi Amerika Serikat. Presiden kabarnya akan membahas berbagai macam isu sentral, mulai dari keamanan cyber hingga buruknya kualitas situs resmi Obamacare.

Beberapa tamu CEO yang diundang oleh kantor administrasi Barack Obama antara lain Tim Cook (Apple), Eric Schmidt (Google), Sheryl Sandberg (Facebook), Marissa Mayer (Yahoo) dan Reed Hastings (Netflix). Pejabat Gedung Putih mengatakan pokok pembicaraan nanti akan terpusat pada kontribusi perusahaan-perusahaan teknologi terhadap pengembangan sistem IT pemerintah. Obama tidak ingin kalau kasus gangguan pada situs healthcare.gov terulang kembali mengingat pemerintah memiliki portal resmi yang berfungsi untuk melayani kebutuhan warga negara.

Selain hal itu, Obama dan para CEO kabarnya juga akan membahas soal keamanan nasional serta dampak dari bocornya aksi intelijen ke publik. Sebagian besar penggiat dunia teknologi telah mengajukan protes atas aksi mata-mata yang dilakukan lembaga intelijen NSA. Beberapa perusahaan bahkan sudah mengirimkan surat tertulis kepada Obama dan kongres terkait aktivitas NSA dalam jaringan sistem dan server mereka.

Presiden sepertinya akan melakukan pendekatan untuk meredam kegusaran CEO teknologi atas 'pemboncengan' lembaga pemerintah dalam sistem jaringan layanannya. Terlebih lagi, sektor teknologi berperan penting dalam upaya pemulihan ekonomi mengingat luasnya lapangan kerja yang diciptakan serta sumbangsihnya terhadap trend penguatan harga saham di New York. Perusahaan seperti Netflix, Yahoo, Hewlett Packard dan Google mencatat kenaikan harga saham dalam rasio persentase antara dua dan tiga digit.

Obama sendiri merupakan pemimpin negara yang paling disukai oleh petinggi-petinggi perusahaan Amerika. Kedekatannya dengan beberapa eksekutif diklaim cukup membantu perluasan bisnis sektoral. Eric Schmidt dari Google bahkan pernah dikaitkan dengan posisi Secretary of Commerce karena dianggap sangat familier bagi Gedung Putih. Sementara CEO Apple, Tim Cook, adalah undangan utama pada suatu acara bertajuk State of the Union yang digagas oleh Michelle Obama. Selain para CEO dan eksekutif yang disebut tadi, perwakilan beberapa perusahaan besar juga akan hadir termasuk dari Twitter, Etsy, Dropbox, Salesforce, Zynga, Sherpa Global, Comcast , LinkedIn, Microsoft dan AT&T. Pemerintah tentunya berharap hubungan yang selama ini terjalin baik tidak rusak akibat kebijakan keamanan dan kelembagaan. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar