Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Bank Dunia Bahas Kebijakan Reformasi Subsidi Indonesia di Laporan Terbarunya

Rabu, 15 April 2015 10:22 WIB
Dibaca 1106

Monexnews - Bank Dunia baru saja mengeluarkan laporan East Asia Pacific Economic Update. Dalam laporan ini, Bank Dunia membahas kebijakan reformasi subsidi yang dilakukan oleh Indonesia. Menurut laporan ini, harga minyak yang turun memberi suatu kesempatan bagi pemerintah untuk mengurangi subsidi bahan bakar minyak.

Menurut World Bank Chief Economist for East Asia and Pacific Sudhir Shetty, bagi banyak negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik, subsidi BBM telah merugikan belanja publik dan melemahkan neraca berjalan. Menurutnya, ini merupakan suatu langkah penting untuk mengurangi ketergantungan akan subsidi BBM. Namun, kedepannya, pemerintah harus dapat memperkuat kondisi dalam negeri, ketika harga minyak kembali merangkak naik.

Harga minyak dunia yang turun ini menguntungkan bagi mayoritas Negara di Asia Timur, terutama Kamboja, Laos, Filipina, Thailand dan negara-negara Kepulauan Pasifik. Bagi negara net eksportir seperti Indonesia tentu akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan pendapatan yang menurun. Namun untuk Indonesia, pertumbuhan ekonominya akan bergantung pada nilai penurunan ekspor batu bara dan gas bumi. (fin)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia
www.kemenkeu.go.id
*disadur tanpa penyuntingan (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar