Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Bank Dunia: Indonesia Sukses Kelola Risiko Global

Selasa, 29 April 2014 14:30 WIB
Dibaca 386

Monexnews - Bank Dunia berharap semua negara dapat mengantisipasi dan beradaptasi terhadap perkembangan dan perubahan global, mengingat kondisi global yang dinamis dapat memunculkan beragam risiko. Director World Development Report 2014, Norman Loayza menyarankan agar semua negara membentuk badan risiko nasional yang berfungsi untuk mengelola risiko ke dalam agenda pembangunan.

"Pengelolaan risiko secara bertanggung jawab dan efektif dapat menghindari kerusakan ekonomi, juga menghindari negara dari terjadinya kemunduran dalam pembangunan, sekaligus dapat mengoptimalkan peluang," jelasnya belum lama ini. Menurut Loayza, peluang akan terbentuk seiring dengan perubahan dunia. "Dan Indonesia merupakan salah satu negara di dunia telah melakukan adaptasi ini, tinggal mengoptimalkan peluang yang ada," jelasnya. Selain itu, ia menambahkan, pemerintah perlu terus berupaya untuk menekan ketidakpastian dan menurunkan risiko.

Pernyataan Loayza tersebut merujuk pada terus meningkatnya angka cadangan devisa Indonesia serta prospek investasi dan kondisi neraca transaksi berjalan yang terus membaik. "Laju inflasi juga merupakan faktor yang sangat penting untuk terus dicermati dan dikendalikan dalam rangka menjaga ketahanan ekonomi," imbuhnya. Selain itu, pemberian insentif yang tepat bagi lembaga atau individu juga dinilai penting untuk meredam potensi kerugian sebagai dampak dari perubahan global. "Hal itu juga telah dilakukan Indonesia melalui sejumlah paket kebijakan pemerintah yang diluncurkan tahun lalu (2013)," imbuhnya.(ak)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar