Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Berakhirnya Pelonggaran Moneter Potensial Menimbulkan Efek Menular

Rabu, 12 Juni 2013 15:29 WIB
Dibaca 612

Monexnews -

Bank Dunia mengkhawatirkan dampak ekonomi yang terjadi jika bank sentral di berbagai negara mulai menghentikan kebijakan pelonggaran moneter, menurut Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim. Bank Dunia kini memonitor secara ketat “efek menular” dari kebijakan-kebijakan moneter tersebut, terutama implikasinya bagi dana bantuan pembangunan.

Bank-bank sentral negara maju telah melancarkan sejumlah pelonggaran moneter yang bertujuan merangsang ekonomi mereka. Langkah yang diambil mencakup suku bunga yang sangat rendah serta program pembelian obligasi guna menjaga bunga kredit jangka panjang tetap rendah. Namun investor belakangan ini mulai khawatir tentang respon pasar jika bank-bank mulai menghentikan serangkaian pelonggaran tersebut.

Kim mengatakan Bank Dunia juga mengkhawatirkan dampaknya bagi negara-negara berkembang, yang diuntungkan dari rendahnya bunga kredit. Kim juga memuji dua “anak panah” kebijakan keuangan yang diperkenalkan oleh pemerintahan baru Jepang untuk merangsang pertumbuhan ekonominya, yakni dalam bentuk stimulus pajak dan pelonggaran moneter. Namun ia mengatakan pasar masih belum menentukan posisinya untuk “anak panah” ketiga, yakni perombakan struktur ekonomi. Tokyo sendiri telah menjanjikan sejumlah kebijakan, seperti penurunan pajak dan fleksibilitas pasar tenaga kerja.

Meski dua anak panah pertama sangat membantu dalam meningkatkan konsumsi di Jepang… pertanyaan utamanya adalah apakah investasi dan ekspor di Jepang akan meningkat, dan meletakkan Jepang dalam posisi kompetitif yang sangat berbeda dalam ekonomi global. Oleh sebab itu investor kini hanya “duduk dan menanti” hasil perombakan struktur ekonomi Jepang, tanpa menjelaskan lebih detail.

Beralih ke Cina, Kim mengatakan ia tidak terlalu khawatir dengan lesunya pertumbuhan negara berekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat itu. Bank Dunia melihat pertumbuhan ekonomi Cina stabil antara 7,9% dan 8,2% selama tiga tahun mendatang.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar