Sabtu, 16 Desember 2017

world-economy  World Economy

Bank Dunia: MEA Buka Peluang Dunia Usaha Indonesia

Selasa, 23 Desember 2014 16:18 WIB
Dibaca 1042

Monexnews - Selain menghadapi berbagai tantangan, Bank Dunia menilai Indonesia juga memiliki sejumlah kesempatan dari prospek integrasi ekonomi regional yang lebih erat, terkait implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 mendatang.

Menurut laporan Perkembangan Triwulanan Perekonomian Indonesia (Indonesia Economic Quarterly) Desember 2014 yang dirilis oleh Bank Dunia, dengan penurunan harga komoditas dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia justru ditantang untuk dapat memanfaatkan momentum tersebut.

Melalui MEA, Indonesia dapat mempergunakan kesempatan-kesempatan yang tercipta dari akses pasar regional dan peningkatan aliran barang dan jasa, yang hanya akan meningkat dengan menurunnya harga komoditas.

Hal tersebut menunjukkan pentingnya dorongan pertumbuhan ekspor melalui peningkatan daya saing internasional bagi perusahaan-perusahaan manufaktur dan jasa. Selain itu, Indonesia juga ditantang untuk dapat menemukan pasar-pasar baru untuk produk-produknya.

“Penempatan posisi Indonesia untuk meraih manfaat yang sebesar-besarnya dari kesempatan ini memberikan tambahan dukungan bagi peningkatan daya saing ekonomi dengan menutup kesenjangan dalam bidang infrastruktur dan keterampilan serta reformasi peraturan, sehingga menurunkan biaya dunia usaha,” demikian terungkap dalam laporan tersebut.

Selain itu, untuk mencapai dan memanfaatkan integrasi ekonomi regional yang lebih erat, diperlukan keterlibatan dengan negara-negara ASEAN lainnya dalam kerja sama peraturan perundangan untuk menurunkan hambatan non-tarif dan peraturan, khususnya dalam bidang jasa.(wa)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar