Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

Bank Dunia: Pelebaran Defisit Jadi Tantangan Pemerintah

Selasa, 5 Agustus 2014 13:30 WIB
Dibaca 491

Monexnews -  Dalam publikasi unggulannya berjudul ‘Indonesia Economic Quarterly’ edisi Juli 2014 yang dirilis baru-baru ini, Bank Dunia mencermati beberapa hal yang akan menjadi tantangan bagi Pemerintah Indonesia, salah satunya adalah defisit yang meningkat.

Selain defisit, tantangan lainnya adalah pelemahan harga komoditas dan kondisi kredit yang ketat, yang merupakan faktor kunci yang dapat menghambat pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dalam waktu dekat.

Terkait hal tersebut, seperti dilansir di situs resmi Bank Dunia, World Bank Country Director for Indonesia Rodrigo A. Chaves menyampaikan, untuk mencapai tujuan jangka panjang, seperti kenaikan pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen dan mengurangi kesenjangan, Indonesia memerlukan reformasi struktural yang lebih mendalam, seperti reformasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan investasi infrastruktur.

Sementara itu, untuk jangka pendek, Bank Dunia mencermati pentingnya mengatasi kerentanan fiskal, mengingat depresiasi rupiah dan tingginya harga minyak dunia yang memperlebar defisit fiskal.

Untuk mengatasi hal tersebut, World Bank Lead Economist for Indonesia Ndiame Diop mengatakan bahwa langkah yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas belanja negara melalui pengurangan subsidi dan mencegah penurunan penerimaan perpajakan dan non-perpajakan. Dengan demikian, hal ini dapat meringankan tekanan defisit.

Selain itu, tantangan jangka panjang yang juga akan dihadapi oleh pemerintahan baru adalah peningkatan kesenjangan. Bank Dunia memandang serius adanya peningkatan kesenjangan ini.

“Peningkatan kesenjangan dapat memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi di masa depan dan kohesi sosial. Kebijakan pro-poor, seperti meningkatkan infrastruktur di pedesaan dan memperluas akses kualitas pendidikan, mobilitas tenaga kerja, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat tidak mampu,” pungkas Diop.(ya)

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar