Selasa, 17 Januari 2017

breaking-news Inflasi Inggris tumbuh pada laju tahunan 1.6% di Desember vs 1.2% di November, estimasi 1.4%

world-economy World Economy

Bank Dunia: RI Serius Lindungi Pihak Rentan

Kamis, 24 April 2014 16:21 WIB
Dibaca 388

rial, helvetica, sans-serif;">Monexnews - Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang telah melakukan upaya siginifikan dalam melindungi pihak rentan melalui jaringan pengaman pada beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dikatakan Ekonom Bank Dunia Cristobal Ridao-Cano, saat membuka acara peluncuran Word Development Report 2014 di Jakarta pada Kamis (24/4).

Ia menilai, upaya tersebut telah ditopang oleh kuatnya fundamental ekonomi RI serta diiringi oleh reformasi energi, terutama terkait pengalokasian anggaran subsidi energi oleh pemerintah dewasa ini. Selain itu, ia juga mengapresiasi telah berjalannya Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). "Indonesia telah melakukan hal yang baik dan dibutuhkan, sehingga dapat meredam dampak dari gejolak global. Dan ini sudah terbukti," tegasnya. Menurutnya, pemerintah telah mengalihkan subsidi ke arah yang lebih tepat, sehingga pihak yang rentan dapat lebih terlindungi.

Bank Dunia sendiri memandang penting pemberian jaringan pengaman bagi rumah tangga yang rentan. Menurut Bank Dunia, anggaran subsidi dapat dimanfaatkan untuk bantuan sosial, pendidikan dan kesehatan, serta pembangunan infrastruktur. "Sistem jaringan pengaman sangat memungkinkan untuk dilakukan, asalkan program dukungan ini disasarkan pada masyarakat yang betul-betul rentan. Selain itu, program ini juga sekaligus dapat mendorong partisipasi kerja melalui penyediaan lapangan pekerjaan," jelasnya. selain itu, Indonesia, lanjutnya, perlu meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk menghasilkan lapangan pekerjaan yang memadai bagi masyarakat.(ak)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar