Rabu, 13 Desember 2017

world-economy  World Economy

Bank of England Pertahankan Suku Bunga, Fokus Pada Laporan Inflasi

Kamis, 6 November 2014 19:21 WIB
Dibaca 775

Monexnews - Bank of England, yang dulu diperkirakan akan mulai menaikkan tingkat suku bunga Inggris dari dekat nol bulan ini, saat ini nampak akan mensinyalkan tidak adanya kenaikan suku bunga hingga pertengahan tahun depan. BoE mempertahankan suku bunga pada level 0.5%, yang belum berubah sejak krisis keuangan tahun 2009 lalu, pada pertemuan kebijakan yang berakhir di hari Kamis, sesuai dengan estimasi ekonom. Fokus saat ini akan tertuju pada proyeksi ekonomi yang akan dirilis oleh BoE tanggal 12 November nanti, yang mana akan menunjukkan outlook buruk yang menutupi pemulihan ekonomi Inggris yang cepat sejak BoE merilis proyeksi kuartalan terkini di bulan Agustus lalu.

Kombinasi dari lemahnya tingkat inflasi yang dapat turun ke bawah level 1% dalam waktu dekat, laju pertumbuhan upah yang masih rendah dan resiko zona euro kembali jatuh ke dalam resesi, telah mendorong sejumlah petinggi bank sentral untuk mengatakan bahwa mereka tidak siap untuk mulai kembali melakukan normalisasi kebijakan moneter. Pemangkasan ekspektasi inflasi dan laju pertumbuhan pekan depan mungkin akan mendorong pasar keuangan untuk lebih yakin bahwa tidak akan ada kenaikan suku bunga hingga pertengahan tahun 2015, pasca pemilu perlementer Inggris di bulan Mei, atau mungkin lebih lama lagi.
Alan Clarke, ekonom pada Scotiabank, memprediksikan BoE akan memangkas proyeksi inflasi dalam jangka waktu 2 tahun menjadi 1.7% dari 1.8%, di bawah target BoE pada 2%. "Jika proyeksi kami benar, maka pasar mungkin akan menyimpulkan kenaikan suku bunga tidak akan terjadi hingga akhir tahun 2015," ucapnya. Kontras dengan hal tersebut, Simon Wells dari HSBC mengatakan bahwa sementara BoE mungkin akan memangkas proyeksi inflasi jangka pendeknya, namun bank sentral mungkin akan menaikkan proyeksi inflasi jangka menengah untuk menunjukkan seberapa besar dampat tingkat suku bunga rendah terhadap pertumbuhan. "Mengingat hal ini, kami tidak memperkirakan adanya laporan inflasi yang dovish," ucapnya. Ekonom memprediksikan adanya penurunan tipis pada proyeksi BoE bulan Agustus lalu, yaitu untuk pada 3.5% untuk tahun ini dan 3.0% untuk tahun 2015.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar