Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

Bank of Japan Pertahankan Kebijakan Moneter

Kamis, 4 September 2014 11:17 WIB
Dibaca 996

Monexnews - Bank of Japan (BOJ) pada hari Kamis menahan diri untuk tidakmengumumkan stimulus baru, sesuai ekspektasi, kendati bertambahnya bukti bahwa pemulihan pada negara perekonomian terbesar ketiga di dunia tersebut memudar. Bank sentral juga tetap berpegang pada janjinya untuk menaikkan jumlah base money sebanyak 60-70 trilyun yen (572 - 667 milyar dollar) tiap tahunnya melalui pembelian aset, terutama pada obligasi pemerintah Jepang. Salah satu anggota dewan BOJ, Takahide Kiuchi, mengusulkan agar membuat target inflasi bank sentral pada 2% sebagai target jangka menengah hingga panjang namun usulan tersebut ditolak dengan hasil voting 8-1.

Dalam pernyataan yang dirilis pasca keputusan tersebut, BOJ memperkirakan trend pemulihan ekonomi yang lambat akan berlanjut. Bank sentral juga memangkas proyeksi terhadap tingkat investasi sektor perumahan terkait berlanjutnya dampak dari kenaikan pajak penjualan di bulan April namun mengingatkan bahwa tingkat konsumsi swasta masih tetap kokoh.
Perekonomian Jepang mendapat pukulan yang lebih telak dari ekspektasi akibat kenaikan pajak penjualan nasional yang efektif bulan April lalu; data baru-baru ini mulai dari tingkat belanja masyarakat hingga output pabrik menunjukkan pelemahan. Perekonomian berkontraksi dalam laju tahunan sebesar 6.8% pada kuartal kedua, hasil terburuk sejak tahun 2011. Pasar juga nampak semakin ragu apakah BOJ dapat mencapai target inflasi sebeasr 2% hingga tahun depan. Data baru-baru ini menunjukkan inflasi tingkat konsumen di luar dampak kenaikan pajak penjualan masih berada pada 1.3% di bulan Juli. BOJ telah mempertahankan pandangan optimisnya, bahwa perekononmian dapat mengatasi dampak kenaikan sebanyak 3% pada pajak konsumsi menjadi 8%, yang efektif mulai bulan April lalu.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar