Sabtu, 21 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Bank of Korea Turunkan Target Ekonomi dan Inflasi 2015

Kamis, 9 April 2015 10:42 WIB
Dibaca 1253

Monexnews - Selain mempertahankan suku bunga hari ini, Bank of Korea juga menurunkan target pertumbuhan ekonomi dan inflasinya untuk 2015. Otoritas menilai dinamika ekonomi di dalam dan luar negeri belum mendukung perekonomian dan inflasi ideal. 

Bank Sentral Korea Selatan beranggapan kondisi ekonomi belum akan membaik di 2015 karena laju ekspor masih rendah dan tingkat permintaan domestik sedang lemah. Penetapan suku bunga acuan di level 1,75% beberapa saat lalu juga menunjukkan kalau bank sentral tidak mau terburu-buru memperlonggar kebijakannya pasca pemangkasan suku bunga bulan lalu.

Bank of Korea memperkirakan nilai gross domestic product sebesar 3,1% untuk 2015 atau lebih rendah dari prediksi sebelumnya yang sebesar 3,4%. Pada tahun lalu, perekonomian negeri ginseng tumbuh 3,3%. Bank sentral juga memperkirakan indikator inflasi yaitu consumer prices hanya naik 0,9% atau lebih rendah dibandingkan inflasi tahun lalu yang mencapai 1,9%.

Otoritas mengklaim indikator ekonomi nasional berangsur membaik, tetapi kinerjanya belum cukup mampu mengangkat sentimen di sektor riil. Laju ekspor tetap lemah seiring dengan menyusutnya permintaan dari luar negeri. Sementara di saat yang sama, penurunan harga minyak turut berujung pada anjloknya harga produk kimia asal Korea. Nilai ekspor bulan Maret turun 4,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekaligus menandai penurunan terbesarnya dalam dua tahun terakhir. Adapun harga konsumen hanya naik 0,4% meski pemerintah sudah menyuntik stimulus. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar