Selasa, 25 Juli 2017

world-economy  World Economy

Bank Sentral China Kembali Turunkan Suku Bunga

Senin, 29 Juni 2015 8:54 WIB
Dibaca 1882

Monexnews - Bank sentral China (PBOC) menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 4,85% pada hari Sabtu lalu. Penurunan tersebut menjadi yang ke-empat sejak bulan November. PBOC juga menurunkan suku bunga deposito sebesar 25 basis poin menjadi 2%. PBOC mengatakan langkah tersebut diambil untuk "menstabilkan pertumbuhan" ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Melambatnya pertumbuhan membuat ekonomi China diperkirakan tumbuh 7% di tahun ini, lebih rendah dari tahun 2014 sebesar 7,4%.

Disaat yang sama, bank sentral tersbut juga menurunkan giro wajib minimun sebesar 0,5% untuk bank yang memberikan pinjamannya lebih banyak diberikan ke petani dan bisnis kecil. PBOC sangat jarang menurunkan suku bunga sekaligus giro wajib minimum, kali terakhir hal tersebit dilakukan pada bulan Oktober 2008 saat berhadapan dengan krisis finasial global.

Sehari sebelum PBOC menurunkan suku bunga Sabtu lalu, bursa saham China menderita aksi sell off yang brutal. Indeks Shanghai Composite anjlok 7,4% di hari Jumat, dan telah merosot 19% dalam dua pekan. Merosotnya bursa saham dapat melukai tingkat kepercayaan investor dan upaya pemerintah China untuk mereformasi sektor keuangan. (pap/Monex)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar